Southgate Amateur Radio News 25 Maret 2011--Ketika para perawat
mengangkat telepon di rumah sakit anak-anak di
Orange County pada 5.30 pagi 21 Maret, tidak ada nada sambung.
Sentakan listrik, mungkin dari petir telah mengakibatkan kegagalan
prosesor pusat di tombol telepon rumah sakit. Bagaimana mereka membuat
kontak dengan dokter atau perusahaan transportasi untuk pasien?
Untungnya, kepala operator penghubung telepon tahu apa yang harus
dilakukan. Dia membuka buku bencana di halaman bantuan radio amatir
dan mengikuti prosedur yang ada untuk mengaktifkan Sistem Komunikasi
Bantuan Bencana Rumah Sakit atau HDSCS. Dia mempunyai beberapa
pilihan, tapi kali ini dia menggunakan tie-line darurat untuk
menghubungi April Moell WA6OPS, kepala grup ARES yang mengkhususkan
dalam membantu rumah sakit bila terjadi kegagalan komunikasi.
April mendirikan jaringan on-air dan memprakarsai panggilan
komunikator HDSCS dengan telepon dan pager. Dengan segera Ken Simpson
dan Clay Stearns KE6TZR tiba di rumah sakit untuk membuat hubungan
dengan dunia luar.
Lebih banyak operator ikut berkomunikasi diantara unit terpenting di
rumah sakit termasuk bagian darurat, Perawatan Intensif Neotanal,
Perawatan Intensif Pediatrik dan farmasi.
April memberikan nomor telepon rumahnya kepada supervisor komunikasi
Orange County untuk menyampaikan pesan-pesan yang akan datang. Ini
mengakibatkan beberapa pesan urgen untuk rumah sakit, salah satunya
terkait dengan transportasi seorang pasien muda yang datang untuk pembedahan
usus buntu. Pada jam 10.45 pagi beberapa telepon berfungsi tetapi
komponen perbaikan tambahan masih ditunggu dari penyalur. HDSCS terus
menyediakan perpesanan unit ke unit dan rumah sakit ke masyarakat
sebagaimana diperlukan, termasuk koordinasi perawatan pasien dan
permintaan darah. Pada jam 1.02 siang pekerja perbaikan mengumumkan
sistem telepon kembali normal kecuali untuk beberapa fungsi voicemail.
Anggota HDSCS tetap berada di stasiun selama 30 menit lagi karena
mereka selalu memastikan sistem tetap stabil.
Petir di California Selatan ini hanya beberapa hari dalam satu tahun
namun hal itu merupakan bahaya yang pasti terjadi bagi sistem telepon
rumah sakit kami. Ketika hujan angin disertai petir Oktober lalu,
anggota HDSCS menganggapi permintaan rumah sakit St. Jude di Fullerton
saat kerusakan listrik mengakibatkan overloading pada sistem telepon
di sana.
Total 11 anggota HDSCS turut serta dalam keadaan darurat yang terakhir
ini. Mereka akrab dengan rumah sakit ini karena HDSCS pernah membantu
sebelumnya, termasuk selama 22 jam kerusakan telepon eksternal saat
kecelakaan konstruksi merusak kabel optic fiber pada Agustus 2006.
Tahun ini merupakan tahun ke 31 layanan HDSCS pada fasilitas medis di
Orange County dan tahun ke 14 gerakan penyediaan bantuan di saat
sambungan telepon gagal atau kelebihan beban. Penyebabnya berbeda-beda
dari kegagalan peralatan, kabel putus sampai bencana akan seperti
gempa, banjir dan kebakaran hutan. Tiap anggota memiliki Go-Kit nya
sendiri sehingga siap menuju ke 36 rumah sakit yang didukung untuk
menyusun komunikasi.
Sumber: www.southgatearc.org
Translated and posted with the permission of Southgate Amateur Radio News.[hind]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar