Sabtu, 18 Februari 2012

Dari masa ke masa Pelajaran Bahasa Inggris di Radio Australia




Berada di kawasan ‘Timur’ menjadikan Australia menjadi sebuah Negara ‘Barat’ yang unik. Mengapa tidak, selain berpenduduk multi etnis, Australia menandai kebaratannya dengan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama warganya. Peran inipun yang menjadikan ABC Radio Australia seakan memiliki kewajiban moral untuk ikut mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris bagi masyarakat yang berada di wilayah Asia Pasific, dimana cakupan siarannya berada.   
Sudah puluhan tahun Radio Australia mengudarakan  acara radio pelajaran Bahasa Inggris, dan kini saatnya di 2012 berbagai inisiatif dan konsep baru diluncurkan.

Program pelajaran Bahasa Inggris di Radio Australia akan menawarkan cara inovatif dalam  mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris.

Dengan tujuan memperkaya cara pembelajaran formal  berbasis kelas dan didaktik, Pelajaran Bahasa Inggris (English Lesson Learning/ELL) di Radio Australia akan memiliki cara pendekatan yang fun dan mengasyikan.

Kumpulan dari seri ELL telah kini tersedia di situs Radio Australia serta acara radionya; nanti akan  tersedia format khusus untuk telepon pintar, diantaranya Bahasa Inggris dari Australia, Bahasa Inggris untuk Studi, Bahasa Inggris untuk Bisnis dan bahasa Inggris untuk Pariwisata. Semuanya bisa diunduh dengan cuma-cuma.
Pelajaran Bahasa Inggris di Radio Australia juga akan mencakup fitur bahasa Inggris dengan modul belajar. Fitur-fitur ini akan memiliki format multimedia, teks, audio atau video dengan fokus kehidupan dan kebudayaan Australia sehingga konteks budaya bisa jadi bagian dari proses belajar.

Akan tersedia juga modul pembelajaran melengkapi seri bahasa Inggris, yang meliputi: kosakata, pengucapan, bahasa sehari-hari dan tata bahasa. Modul ini akan menjelaskan penggunaan bahasa dalam berbagai konteks nyata ke-Australia-an selain akan dilengkapi dengan penjelasan audio jika dianggap relevan. Fitur-fitur dan modul belajar ini akan menjadi dasar pembuatan segment acara percakapan untuk radio streaming.

Selain itu setiap harinya Siaran Radio Bahasa Inggris Radio Australia akan menyampaikan sebuah kata atau ungkapan, termasuk  segmen audio singkat berdurasi satu menitan yang disertai teks. Silakan kunjungi www.radioaustralia.net.au/learnenglish/

Untuk memberikan interaksi yang lebih luas, dalam waktu dekat radio Australia akan membuat akun Facebook khusus bagi pembelajaran bahasa Inggris. Hal ini untuk meningkatkan hubungan interaksi dengan para masyarakat luas dan pemerhati Program Pelajaran Bahasa Inggris di Nusantara.

Radio Australia tidak hanya melakukan renovasi dan pembenahan acara pelajaran Bahasa Inggris di layanan radio dan onlinenya, tetapi juga secara aktif mendukung upaya-upaya berbagai pihak yang ingin mengembangkan bahasa Inggris.

Bekerjasama dengan salah satu mitra radio di Jawa Barat, RRI Bandung, Radio Australia mengadakan acara ‘Let’s Converse in English’ (Mari Berbicara Bahasa Inggris) pada 19 Desember 2010. Acara ini menjadi ajang bertemunya ratusan pendengar setia acara ‘English For You’ yang disiarkan  RRI Bandung setiap malam Minggu. Acara ini memutarkan program English From Australia, Radio Australia. Mayoritas pendengar anak muda ini secara serius mendengarkan paparan mengenai semakin pentingnya bahasa Inggris dalam mendukung pekerjaan dan karir serta era globalisasi dan pergaulan Internasional. ‘Pelajaran bahasa Inggris melalui radio adalah salah satu contoh yang baik karena selain praktis dan murah, terjadi interaksi antara pembawa acara dengan pendengar awam yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggrisnya. Inilah salah satu contoh acara radio yang sangat baik dan mendidik masyarakat. KPI sangat mendukung inisiatif ini’ demikian dikatakan Ketua  Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat, Bapak Dadang Rahmat Hidayat.

Berikutnya di tahun 2012 ini, Radio Australia juga mendukung penyelenggaraan The 2012 Asian English Olympic/ Olimpiade Bahasa Inggris di Jakarta dari tanggal 13 sampai dengan 17 Maret. Ajang 2012 AEO ini diadakan oleh Universitas Bina Nusantara dengan mempertandingkan 6 kategori lomba, diantaranya : Debate, Newscasting, Speech, Storytelling, Scrabble dan Short Movie-Making. Ini adalah kali pertama event serupa diadakan bagai para pelajar dan mahasiswa untuk wilayah Asia. Selengkapnya mengenai hal ini bisa dilihat di www.aeo.mybnec.org Sebagai pelengkap acaranya, Radio Australia sempat mengikuti pre-event 2012 AEO dengan membuka booth pameran pada tanggal 13 Januari 2012 lalu, dan sempat membagikan berbagi merchandise menarik bagi mahasiwa yang beruntung.

Tulisan ini ditutup sebuah sapaan udara campuran Bahasa Inggris dan Indonesia yg pernah berkumandang dari studio Radio Australia di South Bank Melbourne oleh Ebet Kadarusman : Good Pagi .. Selamat Morning.


Ditulis oleh :

Denny Herlambang Slamet
Indonesian Network Manager, ABC Radio Australia

Tidak ada komentar: