Sabtu, 18 Februari 2012

Jenis-Jenis Siaran Radio Gelombang Pendek



Seluruh stasiun radio internasional bertujuan menarik sejumlah besar pendengar terhadap siaran mereka dengan menggunakan berbagai topik serta menghargai keinginan pendengar. Sejumlah stasiun radio memiliki departemen sendiri yang melakukan analisa terhadap surat-surat yang diterima melalui surat biasa maupun internet. Stasiun yang tidak menghargai keinginan pendengar cenderung akan kehilangan pendengar. Sebuah tinjauan menyebutkan konten siaran radio biasanya mengandalkan spesifikasi kawasan yang dituju. Misalnya bila siaran ditujukan ke negara yang diperintah diktator, dalam pandangan stasiun penyiaran acaranya cenderung lebih berorientasi politik. Terdapat banyak stasiun radio dengan profil seperti itu dan stasiun tersebut cenderung untuk diganggu oleh negara dimana siaran ditujukan. Namun hal ini bukan suatu kemestian, misalnya Belarus dimana siaran-siaran asing dalam bahasa Belarus tidak diganggu. Ada juga contoh siaran BBC dalam bahasa Uzbek yang diganggu oleh otorita China.
Banyak stasiun radio dengan profil kristen selalu mengudarakan kutipan bible serta terjemahannya dan tidak pernah mengudarakan bulletin berita atau acara politik namun terdapat pengecualian dalam kebiasaan ini misalnya Vatican Radio, World Harvest Radio, dsb, memiliki bulletin berita dalam emisi mereka. Mayoritas stasiun radio mempunyai acara khusus untuk menjawab surat dan menenuhi permintaan musik dari pendengar. Biasanya acara tersebut disebut Mailbox atau sejenisnya dan menarik jumlah pendengar terbanyak. Banyak klub pendengar yang menerbitkan edisi online maupun cetakan secara periodik dimana mereka mempublikasikan 4 jenis jadwal acara—yang telah disebutkan tadi Mailbox dan pilihan musik pendengar, juga acara DX dan pelajaran bahasa. Pelajaran bahasa dimaksudkan untuk membantu pendengar dalam mempelajari bahasa dari negara yang melakukan siaran. Acara-acara terkait masalah pemuda, sejarah, geografi dan pariwisata juga bisa meraih popularitas.
Sejumlah stasiun radio menginvestasikan banyak dana guna meningkatkan perhatian pendengar di seluruh dunia dengan cara mengadakan berbagai acara kuis, kontes atau survei dan memberikan hadiah dalam bentuk cindera mata, pesawat radio atau perjalanan ke negara yang dibicarakan. Ini kebanyakannya stasiun radio dari Asia seperti China Radio International, Radio Taiwan International, KBS World Radio dan Voice of Vietnam tetapi ada pula stasiun dari Eropa Timur.
(diterjemahkan dan dipublikasikan dengan izin dari Radio Bulgaria www.bnr.bg) •hind

Tidak ada komentar: