Sabtu, 18 Februari 2012

Deutsche Welle The BOBs kembali dimulai

Tanggal 13 Februari, kompetisi weblog Deutsche Welle The BOBs kembali dimulai. The BOBs akan memilih blog, website dan kampanye jejaring sosial terbaik.
Dibukanya pendaftaran The BOBs, 13 Februari, menandai diawalinya pencarian blog terbaik dalam 11 bahasa dan 17 kategori (enam kategori utama dan 11 kategori bahasa). Berbeda dengan tahun lalu, di mana The BOBs didedikasikan kepada pergolakan di dunia Arab, kali ini penekan kuat ditujukan pada masalah budaya dan pendidikan. Dalam kategori Special Topic Award Education and Culture akan dipilih website pendidikan dan program pendidikan yang inovatif. Budaya, Pendidikan dan Peran Media merupakan topik utama Deutsche Welle Global Media Forum, yang digelar di Bonn, Jerman, 25 sampai 27 Juni 2012.
Kebebasan Berekspresi

Kebebasan berekspresi di internet tetap menjadi fokus The BOBs
Perhatian khusus tahun ini juga kembali diarahkan pada website yang berjuang bagi kebebasan berekspresi di internet. Ini mencakup spektrum yang luas dan beragam, seperti blog dengan laporan alternatif di negara dengan media yang disensor ketat atau aplikasi dan juga perangkat yang bermanfat bagi pembangunan masyarakat sipil, serta kampaye, yang mendukung demokrasi, kebebasan dan hak asasi manusia.
Penghargaan kategori Reporters Without Borders diberikan atas kerjasama dengan mitra premium Reporters Without Borders. Dalam kategori ini akan dipilih blog dan website, yang berfokus pada perjuangan kebebasan berpendapat.
Partisipasi
Pada edisi, kembali website The BOBs tampil dengan 11 bahasa kompetisi: Arab, Bengali, Cina, Indonesia, Inggris, Jerman, Perancis, Persia, Portugis, Rusia dan Spanyol.

Para pemenang The BOBs 2011 pada Global Media Forum 2011 di Bonn, Jerman
The BOBs mengundang user internet untuk mendaftarkan blog favorit atau/dan juga blog milik sendiri. Proses pendaftaran dilakukan dengan melewati satu prosedur sederhana pada website The BOBs. Selain menggunakan akun Facebook atau Twitter, pendaftaran dalam dilakukan dengan Vkontakte, Sina Weibo atau OpenID.
Juri Internasional
Dewan juri internasional terdiri dari aktivis internet, pakar internet dan blogger tekenal yang berasal dari 11 negara. Juri Indonesia tahun ini adalah Enda Nasution, yang dianggap sebagai salah satu bapak blogger Indonesia. Dan di kursi juri akan duduk, misalnya, jurnalis dan bloger terkenal Rusia Alexander Plushev, aktivis dan fotografer asal Banglades Shahidul Alam dan juga Isaac Mao, salah seorang penggagas Chinese Blogger Conference.
Dewan juri akan berkumpul di Berlin pada awal Mei untuk memilih pemenang dalam setiap kategorinya. Kompetisi The BOBs diakhiri dengan upacara penghargaan pemenang kategori utama pilihan juri, yang digelar pada tanggal 26 Juni 2012 dalam acara Deutsche Welle Global Media Forum.
Petra F├╝chsel/Yuniman Farid
Editor: Ayu Purwaningsih

Tidak ada komentar: