Kamis, 07 April 2011

BBC HINDI MEMPEROLEH PENANGGUHAN SATU TAHUN SEMENTARA PENDANAAN KOMERSIAL BERKESINAMBUNGAN DIJAJAKI

BBC News, 7 Maret 2011
“Service radio BBC Hindi memenangkan penangguhan sementara setelah kampanye high-profile menentang rencana mengakhiri transmisi pada akhir Maret 2011. BBC World Service mengatakan telah didekati oleh sejumlah kelompok komersial untuk pendanaan alternatif. Sekarang telah disetujui untuk mempertahankan siaran satu jam pada malam hari dalam bahasa Hindi untuk satu tahun sementara BBC World Service menjajaki opsi-opsi ini.”

The Guardian, 7 Maret 2011, Josh Halliday: “′Sejak pengumuman itu, ada banyak diskusi publik mengenai kemungkinan mempertahankan beberapa service dan BBC telah didekati oleh sejumlah kelompok komersial terkait dengan pendanaan alternatif,′ demikian kata BBC dalam sebuah pernyataan. BBC setuju untuk mendanai program berita satu jam setiap hari untuk sementara waktu sedangkan pendanaan komersial dirundikan. ′Jika pendanaan komersial berkesinambungan untuk service ini tidak ditemukan dalam tahun keuangan 2011/12, kami menyesal service tersebut akan harus ditutup pada Maret 2012,′ pernyataan itu menambahkan.   
Perundingan memang masih dalam tahap awal namun kemitraan komersial untuk menangguhkan satu service bisa memberikan kerangka kerja untuk mempertahankan siaran-siaran World Service yang direncanakan penutupannya. ... ′Sepuluh juga pendengar di India―sebagian besar di daerah pedalaman dan sangat miskin―membutuhkan radio BBC Hindi serta berita akurat, seimbang dan independen yang disajikannya,′ kata sebuah surat terbuka Mark Tully&others.”

(Sumber: Kim Andrew Elliott reporting on International Broadcasting www.kimandrewelliott.com)―hind.

Tidak ada komentar: