Sabtu, 30 April 2011

Programa Radio Jepang NHK 1-8 Mei 2011

1 Mei
(Minggu)
Halo dari Tokyo

photophoto

Setiap hari Minggu, kami membacakan surat, menjawab pertanyaan, serta memutarkan lagu-lagu permintaan pendengar.
2 Mei
(Senin)
Belajar Bahasa Jepang

photo

Edisi perdana bagi yang ingin belajar bahasa Jepang atau ingin lebih mengenal budaya Jepang. Mari mempelajari ungkapan-ungkapan yang bermanfaat untuk berbagai situasi baik bisnis maupun pribadi.

Lanskap Suara: "Lokomotif Uap Biwa Utara"

photo

Lokomotif uap C56 menempuh jalur lokal di sepanjang pesisir danau terbesar di Jepang.
3 Mei
(Selasa)
Anak Yatim Irak yang Kuliah di Jepang Berkat Dukungan Yayasan Ashinaga

photophoto

Baan Ali dari Irak bulan lalu mulai kuliah di Universitas Waseda Tokyo, berkat bantuan beasiswa dari Yayasan Ashinaga Jepang. Yayasan tersebut selama ini banyak membantu anak yatim piatu agar dapat terus bersekolah. Kita akan lihat bagaimana Baan Ali menghadapi hidup yang baru dan bagaimana ia dibantu oleh para pendukungnya. - Program ini pernah mengudara tanggal 19 Oktober 2010.

Legenda dari Jepang: Sang Istri yang Tidak Perlu Makan
4 Mei
(Rabu)
Bercerita Tentang Hiroshima - James Joseph, Warga India Yang Menetap di Hiroshima

photophoto
(Kiri) James Joseph
(Kanan) Anggota kelompok yang dipimpin Joseph

Pada bulan Agustus lalu, sebuah kelompok sipil di Hiroshima menggelar pameran tentang peristiwa bom atom Hiroshima tahun 1945. Pemimpin kelompok itu adalah James Joseph, seorang warga India yang telah menetap di Hiroshima selama 18 tahun. Kami akan laporkan tentang pameran itu dan seperti apa upaya Joseph untuk mempromosikan perdamaian. - Program ini pernah mengudara tanggal 21 September 2010.

Nippon Q&A: Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir - Bagian 3: Pemanasan Global

Sebelum PLTN Fukushima Daiichi mengalami masalah, peran PLTN banyak mendapatkan perhatian di seluruh dunia. Mengapa? Kita akan melihat upaya-upaya menangkal pemanasan global yang memainkan peran penting dalam mendorong penggunaan energi nuklir.
5 Mei
(Kamis)
Mitologi Jepang yang Diterjemahkan ke Bahasa Arab: "Kojiki", Buku Sejarah Tertua Jepang

photophoto
(Kiri) "Kojiki" dalam Bahasa Arab
(Kanan) Mohamad Oudaimah

Mohamad Oudaimah, seorang warga Suriah tertantang untuk menerjemahkan dokumen sejarah tertua Jepang, "Kojiki" ke dalam Bahasa Arab. Buku itu ditulis pada awal abad ke 8 dan di dalamnya terdapat berbagai kisah mitos. Oudaimah akan bercerita mengenai apa yang menarik dari buku sejarah Jepang tua itu serta perjuangnya dalam proses penerjemahannya. - Program ini pernah mengudara tanggal 7 September 2010.
6 Mei
(Jumat)
Ayo Masak Makanan Jepang

photophoto
(Kiri) Oyakodon
(Kanan) Bahan- bahan untuk membuat Oyakodon

Bulan ini kami mulai mengudarakan acara "Ayo Masak Makanan Jepang". Dalam program kali ini kami mengajak anda memasak "Oyakodon". Ini adalah makanan yang sangat sederhana menggunakan ayam, telur, bawang dan nasi. Semoga lewat acara ini Anda tertarik untuk mencoba memasaknya.
7 Mei
(Sabtu)
Mari Menyanyi: "Distance" oleh Kana Nishino

photo
Emi Ogawa(kiri) and Ke-Qing

"Mari Menyanyi" adalah acara dimana para penyiar siaran bahasa asing Radio Jepang mengajak anda belajar lagu-lagu populer Jepang. Lagu untuk bulan Mei ini adalah "Distance", oleh Kana Nishino. Kali ini mantan penyiar siaran bahasa Cina, Ke-Qing akan mempelajarinya di bawah arahan instruktur musik Emi Ogawa.
8 Mei
(Minggu)
Halo dari Tokyo

photophoto

Setiap hari Minggu, kami membacakan surat dan menjawab pertanyaan, serta memutarkan lagu-lagu permintaan pendengar.

Tidak ada komentar: