Kamis, 18 Maret 2010

Radio Sweden Hentikan Siaran

Radio Sweden Menghentikan Siaran Mediumwave dan Shortwave 


Radio Sweden akan mengakhiri siaran mediumwave dan shortwave pada 31 Oktober untuk kepentingan layanan web. Manajemen Radio Sweden menyatakan hal itu merupakan cara penggunaan sumber daya paling baik dan sejalan dengan tren internasional.

Layanan dalam bahasa Inggris akan dilanjutkan melalui web dan siaran nasional. Informasi dalam bahasa Rusia akan tersedia di web sebagaimana bahasa Jerman sekarang ini. Elle-Kari H√∂jeberg, yang mengetuai siaran shortwave dan mediumwave Radio Sweden menjelaskan mengapa keputusan itu dibuat untuk mengakhiri siaran, “kami harus memilih dan harus membuat keputusan.” 

Di antara bahasa-bahasa imigran, Albania, Assyrian-Syriac dan Bosnia-Serbia-Kroasia akan diakhiri pada tanggal yang sama. Sementara itu, layanan bahasa Arab dan Somali-kelompok bahasa imigran terbesar sekarang ini, akan ditambah. Hal yang sama akan berlaku untuk bahasa Romani, salah satu dari lima bahasa minoritas resmi di Swedia. 

Layanan dalam bahasa Persia akan termasuk juga bahasa Dari yang digunakan oleh pengungsi Afghan yang datang ke Swedia dalam jumlah yang bertambah cepat. Sedangkan siaran bahasa Kurdi tetap tidak berubah. Informasi Radio Sweden dalam bahasa-bahasa imigran akan tersedia di web dan siaran secara nasional. 

(Sumber: radiosweden.org 16 Maret)

Tidak ada komentar: