Minggu, 27 Maret 2011

VOA BAHASA TIBET MERAYAKAN HARI JADI KE 20

Washington, DC―25 Maret 2011―Voice of America bahasa Tibet yang dimulai dengan siaran radio shortwave selama 15 menit pada 25 Maret 1991 kini diakui sebagai salah satu platform multi-media berbahasa Tibet paling berpengaruh di dunia.

Pemimpin spiritual Tibet, Dalai Lama, pernah mengemukakan bahwa “orang-orang Tibet menyebut siaran VOA sebagai obat bagi depresi dan keletihan mereka dan ketika tidak mendengarkannya mereka mengatakan telah kehilangan obat.”

Awal bulan ini service bahasa itu mengadakan debat televisi dengan kandidat yang bersaing untuk menjadi perdana menteri (Kalon Tripa) pemerintahan Tibet pusat di pengasingan yang berbasis di Dharamsala, India. 

Direktur VOA Danforth W. Austin menyebut siaran satelit dan web sebagai “contoh terbaik bagaimana VOA bahasa Tibet mampu membagi peristiwa penting dengan segolongan audiens yang terputus dari arus bebas berita objektif dan komprehensif.”

VOA bahasa Tibet memproduksi program televisi selama 2 jam tiap minggu dan 42 jam program radio. Acara disiarkan pada shortwave, dipancarkan melalui internet serta web www.voanews.com/tibetan/news

Voice of America juga melakukan sejumlah inisiatif untuk membuat siaran dapat diakses orang Tibet melalui berbagai outlet media sosial seperti Facebook serta Twitter, dan strategi terus-menerus melawan jamming serta pembatasan internet yang diberlakukan pemerintah China.

VOA bahasa Tibet dibuat dengan keputusan kongres yang dijadikan undang-undang pada 16 Februari 1990 untuk mendirikan “service untuk menyajikan program Voice of America bahasa Tibet bagi orang Tibet.”

Organisasi induk VOA, Broadcasting Board of Governors menandai hari jadi tersebut dengan resolusi yang menyebut siaran bahasa Tibet “tetap penting sama seperti ketika siaran itu diperkenalkan 20 tahun lalu.”
(Sumber: VOA Press Release)―hind.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Hi, Neat post. There's an issue together with your site in internet explorer, might test
this? IE still is the marketplace leader and a big component to other folks will miss your magnificent writing due
to this problem.

my site :: electricien Paris

Anonim mengatakan...

I pay a quick visit day-to-day a few blogs and sites to read articles or reviews, however this website presents feature based writing.


my website - Florentina