Selasa, 04 Januari 2011

Programa Radio Jepang NHK 29 Desember sd 4 Januari 2011


4 Januari
(Selasa)
Selamat Datang di Amazing Japan!
Taman Nasional di Kota Unzen Propinsi Nagasaki dan Gurye-gun di Korea Selatan


photophoto
(Kanan) Lee Hongbok

Kota Unzen di Propinsi Nagasaki memiliki tempat wisata pemandian air panas yang besar, serta taman nasional pertama di Jepang. Lee Hongbok dari Siaran Bahasa Korea akan memperkenalkan keindahan kota ini dan pertukaran yang dilakukan dengan Gurye-gun di Korea Selatan yang merupakan kota persahabatan dengan Unzen.
3 Januari
(Senin)
Selamat Datang di Amazing Japan!
Misi Perjalanan: Seperti Apakah Suasana di Kuil Itsukushima?


photophoto
(Kanan) Rane Hafied

Inilah bagian pertama serial tahun baru kami,"Selamat Datang di Amazing Japan!". Di bagian pertama ini kami hadirkan laporan dari Kuil Itsukushima, sebuah situs warisan sejarah dunia di Propinsi Hiroshima. Rane Hafied dari Siaran Bahasa Indonesia mengunjungi kuil tersebut atas permintaan Verra Christina Nugraheni, seorang pendengar di Indonesia yang ingin tahu seperti apakah kuil bersejarah itu.

Belajar Bahasa Jepang - Pelajaran 75
2 Januari
(Minggu)
Halo Dari Tokyo

photophoto
Dalam program yang kami siarkan setiap hari Minggu ini kami membacakan surat-surat dari Anda serta juga memutarkan lagu permintaan Anda.
1 Januari
(Sabtu)
Wawancara: Prakiraan Ekonomi Tahun 2011

Pada tahun 2010, Jepang mencapai pemulihan ekonomi berbentuk "V". Namun kemandekan dalam permintaan dalam negeri masih terus berkepanjangan. Bagaimanakah perekonomian Jepang tahun 2011? Kami akan hadirkan 3 ekonom handal untuk bicara soal apa kunci pemulihan ekonomi Jepang.
31 Desember
(Jumat)
Kilas Balik Tahun 2010: Jepang dan Asia dilihat dari 5 Sudut Pandang

Berita apa yang paling menarik perhatian di Jepang tahun ini? Apakah soal masalah di Kepulauan Senkaku yang merupakan tantangan tersendiri dalam diplomasi Jepang? Soal kenaikan tajam nilai yen yang berdampak pada para eksportir? Ataukah soal musim panas tahun ini yang suhunya mencapai rekor tertinggi? Kita akan mengilas kembali apa yang terjadi di Jepang dan Asia tahun 2010, dilihat dari 5 sudut pandang, termasuk politik, ekonomi dan sosial.
30 Desember
(Kamis)
Menelusuri Kembali Jepang Edisi Pilihan Bagian 4: Kisah Para Tobi di Lokasi-lokasi Konstruksi

photophoto
(Kiri) Para tobi dari perusahaan Yanou-gumi tengah memasang perancah untuk proyek renovasi sebuah kuil.
(Kanan) Thu Hang bersama Matsumoto (kiri) dan Motoyashiki (kanan) dari perusahaan Yanou-gumi.

Gara-gara tertarik dengan celana bermodel gelembung yang banyak dikenakan para pekerja Jepang yang biasa disebut Tobi, penyiar Bahasa Vietnam Thu Hang kemudian menelusuri asal mula model celana tersebut. Ia juga mencari tahu apa yang membedakan para tobi ini dibandingkan para pekerja konstruksi lainnya di Jepang dan mengapa para tobi itu sangat bangga pada hasil kerja di balik layar mereka.
(Program ini pernah mengudara tanggal 26 Oktober 2010)
29 Desember
(Rabu)
Lanskap Suara: Tarian Kagura Malam Hari di Kota Takachiho

Banyak orang menikmati tarian Kagura dan musik yang dipentaskan semalam suntuk di kota Takachiho. Konon ini ada hubungannya dengan mitos Jepang.

Menelusuri Kembali Jepang Edisi Pilihan Bagian 3: Perubahan Dalam Upacara Pemakaman di Jepang

photophoto
(Kiri) Tempat pemakaman yang dikelola oleh Kota Yokohama ini memiliki pepohonan yang ditanam di bawah tempat abu jenazah dikuburkan
(Kanan) Pemakaman umum yang dikelola bersama oleh Kuil Eisei dan organisasi nirlaba Koen no Sato atau "Desa Tempat Manusia Berhubungan Baik"

Semakin banyak saja orang Jepang yang sejak awal sudah merencanakan bentuk upacara pemakaman mereka sendiri, serta seperti apa bentuk makam mereka nantinya. Beberapa bahkan ada yang sampai menggelar upacara pemakaman saat mereka masih hidup. Motivasi mereka macam-macam. Ada yang ingin agar upacara pemakaman mereka kelak menjadi unik, ada juga yang berharap kelak ada yang mendoakan arwah mereka walaupun mereka tidak punya anak yang akan mengurus makam mereka. Kami akan sampaikan laporan tentang bagaimana orang-orang di Jepang mulai mencari cara-cara baru dalam upacara pemakaman dan bentuk makam mereka kelak.
(Program ini pernah mengudara tanggal 28 September 2010)

Kuis Belajar Bahasa Jepang Bagian 9

photo

Mengulang kembali sejumlah ungkapan yang digunakan dalam acara Belajar Bahasa Jepang, dalam bentuk kuis. Klik disini untuk menuju halaman kuis.

Tidak ada komentar: