Senin, 17 Januari 2011

10 Berita Penting Asia Tenggara di Tahun 2010

Pemilihan 10 top berita Asia Tenggara tahun 2010 yang diadakan bersama oleh China Radio International ( CRI ) dengan media utama Asia Tenggara hari ini ( 17/01 ) diungkapkan.
1. Tgl. 1 Januari, peresmian zona perdagangan bebas Tiongkok-ASEAN.
2. Tgl. 4 April, KTT Komite Sungai Mekong Pertama digelar.
3. Mulai dari Maret, " Kaus Merah " Thailand mengadakan demo selama dua bulan lebih di Bangkok. Pada tanggal 19 Mei, tentara pemerintah membubarkan " Kaus Merah ", kegoncangan situasi berakhir.
4. Tgl. 23 Agustus, di Filipina terjadi peristiwa penculikan turis Hong Kong.
5. Tgl.23 Agustus, Mantan Perdana Menteri Thailand Thaksin Shinawatra mengumumkan untuk mengundurkan diri dari jabatan penasihat Perdana Menteri Kamboja Hun Sen dan Pemerintah Kerajaan Kamboja, Thailand dan Kamboja segera memulihkan hubungan diplomatik tingkat duta besar.
6. Tgl.12 Oktober, Pertemuan Menteri Pertahanan ASEAN pertama digelar.
7. Dari tgl. 25 hingga tgl. 26 Oktober, Indonesia dilanda bencana gempa bumi, tshunami dan letusan gunung api.
8. Tgl. 30 Oktober, AS dan Rusia bergabung dalam KTT Asia Timur.
9. Tgl. 7 November, Myanmar mengadakan pemilihan nasional multi parti pertama selama 20 tahun. Pada tgl. 13, Sekjen Aliansi Demokratis Nasional Aung San Suu Kyi dibebaskan dari tahanan rumah.
10. Tgl. 22 November, di Kamboja terjadi insiden injak-injakan yang serius.
Kegiatan ini disponsori oleh CRI dengan mengundang pakar Tiongkok untuk urusan internasional dan media utama berbagai negara Asia Tenggara. Media utama sebagai berikut:
Radio 24 Malaysia, Radio El-Shinta Indonesia, Radio Nasional Laos, Radio Nasional Kamboja, CBCP News Service Filipina, Voice of Vietnam, Stasion Televisi VTC Vietnam, Kantor Berita Vietnam, Majalah " Mandarinthai " Thailand dan Harian " Golden Phoenix " Myanmar.

Tidak ada komentar: