Rabu, 19 Januari 2011

Jaringan Siaran Internasional Tiongkok Didirikan, CRI Masuki Bidang Media Baru



Pada saat bola laser ditekan kemarin ( 18/01 ), China International Broadcasting Network ( CIBN ) atau Jaringan Siaran Internasional Tiongkok diresmikan. Penyelenggara CIBN, Direktur China Radio International ( CRI ), Wang Gengnian menyatakan, peresmian CIBN mempunyai arti penting, hal itu menandakan bahwa CRI memasuki bidang media baru.
" Peresmian CIBN merupakan peristiwa penting dalam sejarah perkembangan CRI. Hal itu menandakan bahwa CRI yang sudah bersejarah 70 tahun memasuki bidang media baru. "
Kemarin, para pejabat dari aparat negara, kalangan media dan kalangan IT serta para pejabat dari kedutaan besar luar negeri untuk Tiongkok menghadiri upacara peresmian CIBN. Wakil Ketua Kantor Penerangan Dewan Negara Tiongkok Wang Guoqing, Wakil Direktur Jawatan Administrasi Radio, Televisi dan Film Tiongkok Tian Jin tampak menghadiri upacara tersebut.
Direktur CRI Wang Gengnian menunjukkan, CIBN adalah lembaga radio dan televisi nasional di bidang media baru. CIBN menyiarkan programnya dalam multi bahasa melalui internet dan telekomunikasi bergerak dan teknologi baru yang semakin berkembang. Sebagai platform komunikasi Tiongkok dengan luar negeri, CIBN mempunyai ciri khas dengan memanfaatkan intraksi visual dan video, pembagian informasi dan berbagai bahasa, isinya mencakup situs web, radio internet dan televisi serta stasiun ponsel internet dalam multi bahasa.
Diberitakan, Jawatan Administrasi Radio, Televisi dan Film Tiongkok secara resmi meratifikasi CRI membangun Jaringan Radio Internasional Tiongkok pada bulan Agustus tahun lalu.
Direktur CRI Wang Gengnian mengatakan kepada wartawan, media baru membawa peluang historik kepada CRI.
" Zaman sudah berubah, media tunggal manapun akan terkekang dalam perkembangannya, kebangkitan media baru telah membawa peluang historik. Media baru sama seperti memasang sayap kepada CRI, maka kita harus memanfaatkan peluang historik tersebut. Memang, media baru merupakan hal ikhwal yang baru, berbeda dengan media tradisional, kita perlu mempelajarinya dengan teliti. "
Mengenai prospek CIBN, Wang Gengnian menunjukkan, CIBN akan menjunjung gagasan " pendirian Tiongkok, pandangan dunia dan sikap keterbukaan umat manusia ", mengabdi kepada pendengar dan menjadi grup media internasional yang berpengaruh di dunia.

Tidak ada komentar: