Selasa, 29 Desember 2009

Programa Radio Jepang 30 Des 2009 s/d 5 Jan 2010

Rabu
30 Desember
"Parade Lagu-lagu Hits 2009 (1)"

Kami akan menampilkan lagu-lagu hits dan lagu-lagu lain yang banyak menjadi pembicaraan selama setahun terakhir ini, melaporkan suasana dari musik J-Pop. Bagian pertama program ini akan menampilkan artis-artis terkenal berdasarkan album serta karya-karya mereka.


"Pojok Tamatebako"
Kadomatsu dan Shimekazari

Menjelang tahun baru, suasana di Jepang sudah meriah dengan berbagai hiasan khas tahun baru. Ada yang memasang kadomatsu yang diletakkan di depan gerbang rumah atau gedung, ada juga yang memasang hiasan shimekazari di daun pintu. Tapi ternyata memasang dua hiasan itu harus pula memperhatikan tanggalnya, karena ada beberapa pantangannya. Anda dapat menyimak makna dan informasi hiasan khas tahun baru itu dalam Pojok Tamatebako.
Kamis
31 Desember
"Parade Lagu-lagu Hits 2009 (2)"

Kami akan menampilkan lagu-lagu hits dan lagu-lagu lain yang banyak menjadi pembicaraan selama setahun terakhir ini, melaporkan suasana dari musik J-Pop. Bagian kedua program ini akan terfokus pada album-album single. Disini kami akan menampilkan lagu-lagu yang mencapai rekor penjualan atau banyak menjadi pembicaraan.


"Pojok Tamatebako"
Tradisi di Malam Tahun Baru

Hari terakhir atau hari tutup tahun di Jepang di sebut Oo-misoka. Di malam ini ada beberapa tradisi yang dilakukan orang-orang Jepang menyambut pergantian tahun. Antara lain hatsumoude atau sembahyang pertama ke kuil, toshikoshi soba atau memakan soba tahun baru dan joya no kane atau mendengarkan bunyi lonceng yang menandai pergantian tahun. Mengapa soba dimakan di hari ini dan kenapa lonceng dibunyikan sebanyak 108 kali, dapatkan penjelasannya di sini.
Jumat
1 Januari
"Serial Wawancara Tahun Baru: Jalan Yang Kutempuh"
Atlet Figure Skating Yuko Kavaguti: Semuanya Demi Olimpiade

photophoto
(Kiri) Atlit figure skating Yuko Kavaguti
(Kanan) Pasangan tersebut tengah berlatih

Kavaguti tengah berusaha untuk lolos di nomor berpasangan dalam Olimpiade Musim Dingin Vancouver tahun 2010. Pada kejuaraan dunia tahun 2009 ia mendapat tempat ketiga dan kini ia berharap bisa mendapat medali di olimpiade. Kavaguti yang bertanding dengan pasangannya asal Rusia telah beralih menjadi warganegara Rusia dan memutuskan untuk bertanding mewakili negaranya. Kami akan mengulas soal kecintaannya pada olahraga ini, mulai dari "semuanya demi olimpiade" serta bagaimana ia bisa berlatih di bawah arahan pelatihnya yang sekarang.


"Pojok Tamatebako"
Kartu Pos Tahun Baru (Nengajo)

Di Jepang setiap pagi tanggal 1 Januari, para petugas pos serentak menyebar ke seluruh penjuru untuk mengantarkan kartu pos tahun baru atau nengajo. Tradisi mengirim nengajo tidak pernah pudar, malah lebih dari 4 miliar kartu pos dicetak setiap tahunnya. Dan walau diposkan jauh-jauh hari, kartu pos tahun tidak boleh sampai ke rumah si penerima sebelum tanggal 1 Januari. Dalam Pojok Tamatebako ini kami juga akan menyampaikan beberapa ucapan selamat tahun baru dalam bahasa Jepang.
Sabtu
2 Januari
"Mari Menyanyi"
"Niji" atau "Pelangi" oleh Yuzu

photo
Instruktur Vokal Kooshoo Sugie (Kiri) dan Xiao-Bo (Kanan)

Dalam acara yang mengudara pada Sabtu pertama setiap bulannya, kami mengajak anda para pendengar untuk ikut menyanyikan sebuah lagu pop Jepang. Lagu untuk bulan Januari adalah "Niji" atau Pelangi yang dinyanyikan oleh duet terkenal Jepang, Yuzu. Kali ini yang akan ikut bernyanyi bersama kita adalah penyiar siaran bahasa Cina, Xiao-Bo.


"Pojok Tamatebako"
Tradisi 'yang pertama' di Tahun Baru

Ada banyak tradisi yang berkaitan dengan hal yang pertama kali di lakukan di tahun yang baru. Misalnya hatsuhinode atau matahari terbit pertama, hatsuuri atau menjual pertama dan kakizome atau menulis kaligrafi pertama yang biasa dilakukan pada tanggal 2 Januari. Kami akan mengulasnya sambil menyinggung tentang fukubukuro atau kantung keberuntungan yang banyak ditemui di toko-toko di Jepang di awal tahun baru.
Minggu
3 Januari
"Halo dari Tokyo"

photo

Setiap hari Minggu, kami membacakan surat dan menjawab pertanyaan, serta memutarkan lagu-lagu permintaan pendengar.
Senin
4 Januari
"Serial Wawancara Tahun Baru: Jalan Yang Kutempuh"
Sutradara Teater Musikal Tamae Sha: Memperjuangkan Teater Musikal Asli Jepang

photophoto
(Kiri) Difilmkan oleh Nobuyuki Kagamida
(Kiri) Difilmkan oleh Shinya Aizawa

Tamae Sha memproduksi karya-karya teater musikal di Jepang. Ayahnya asal Taiwan dan ibu asal Jepang, sementara ia sendiri dilahirkan di Jepang. Ia telah memproduksi berbagai pementasan dengan tema yang mempertanyakan kampung halaman serta identitasnya. Kita akan dengarkan pemikiran Sha mengenai karya-karyanya.


"Pojok Tamatebako"
Otoshidama dan Permainan Anak di Tahun Baru

Kenapa anak-anak di Jepang menanti-nantikan tahun baru? Ternyata di tahun baru, anak-anak mendapatkan otoshidama atau hadiah uang dari orang tua, kakek-nenek atau keluarga dan kerabat lainnya. Selain itu di tahun baru, berbagai macam permainan tradisional Jepang kerap dimainkan. Hari ini kami akan perkenalkan permainan badminton tanpa net atau hanetsuki, takoage atau bermain layang-layang dan koma atau gasing.
Selasa
5 Januari
"Serial Wawancara Tahun Baru: Jalan Yang Kutempuh"
Penulis Mieko Kawakami: Hiduplah dengan Filosofi Kita Sendiri

photo
Foto oleh Kazuo Ishikara

Di bulan September 2009, penulis Mieko Kawakami mengeluarkan novel berjudul "Heaven". Novel ini mengulas topik filosofis yang serius, namun menjadi buku terlaris yang terjual lebih dari 100.000 eksemplar. Kami menanyakan pesan apa yang ingin ia sampaikan kepada para pembacanya.


"Pojok Tamatebako"
Permainan Anak-Anak Jepang di Tahun Baru

Menyambung pembahasan kemarin hari ini kami akan mengulas permainan tradisional anak-anak Jepang yang sudah jarang ditemui. Permainan-permainan tradisional ini mendapatkan tempatnya di masa liburan tahun baru. Kali ini kami akan mengulas tentang sugoroku, fukuwarai dan karuta, yang mirip dengan beberapa permainan anak-anak di Indonesia.

Tidak ada komentar: