Rabu, 20 Oktober 2010

Petikan wawancara dengan peserta konferensi EDXC.(part 2)

Wawancara kedua dengan Jan-Mikael Nurmela, peserta dari Finlandia: 
Q: ″Apa yang mendorong anda mendengarkan shortwave, stasiun radio apa yang pertama kali anda dengar dan kapan?″
A: ″Saya rasa sudah selama 13 tahun dan sekarang saya 21 tahun.″
Q: ″Berati anda peserta termuda dalam konferensi?″
A: ″Saya kira ya, saya yang termuda, juga di Finlandia.″
Q: ″Apa yang mendorong anda untuk mendengarkan shortwave, maksud saya sepertinya hobi ini untuk orang-orang berusia, shortwave berasal dari tahun 20-an dan bukan untuk orang muda?″ 
A: ″Saya kira itu karena kebetulan, kebetulan yang postif, karena saat saya 9 tahun saya menyetel world receiver kami pada shortwave, saya tidak tahu apa artinya tapi saya mencoba apa yang bisa didengar kemudian saya mendengarkan stasiun seperti  Radio Sweden atau sesuatu yang dapat saya temukan selanjutnya, pada tahun itu kebanyakannya saya mendengar stasiun radio Eropa, dan akhirnya saya menyadari saya sedang menekuni sebuah hobi, saya melakukannya hanya karena menyenangkan dan saya tertarik akan hal ini dan kemudian saya tahu mungkin 600 orang, 700 orang di Finlandia menekuni hobi yang sama dan saya menemukan tempat bagi saya.″
A: ″Apakah DXing memberi keuntungan pada hidup anda, studi anda?″
Q: ″Saya belajar bahasa Italy, saya belajar ungkapan bahasa Italy melalui radio, saya ingin katakan bahwa saya belajar bahasa dalam hidup melalui radio. DXing penting bagi saya, bagian hidup saya, saya ingin katakan DXing adalah hidup saya.″
A: ″Jadi anda menekuni hobi ini dengan sungguh-sungguh?″
Q: ″Ya, saya melakukan sesuatu sepanjang hari yang termasuk dalam hobi ini, jika saya tidak sedang mendengar radio, saya menulis laporan penerimaan siaran, mendengarkan rekaman, mengupdate website saya yang merupakan website radio, tentu saja sesuatu dalam hobi ini, sepanjang hari melakukan sesuatu yang ada kaitannya dengan hobi ini.″   
A: ″Apa yang penting bagi seorang DXer akan transmisi shortwave?″ 
Q: ″Pokok utama dari hobi radio ini tentu saja informasi karena saya suka mendapatkan berita dari pemikiran (perspektif) yang berbeda-beda.″ 
A: ″Apakah anda berpikir untuk mendapatkan perspektif yang berbeda dari internet dan (bukankah) terdapat sumber (informasi) yang bebas di internet?″
Q: ″Tentu saja, tapi internet tidak terdapat di setiap tempat, kita harus ingat kita memiliki beberapa benua seperti Afrika yang kebanyakannya berupa hutan dan gurun pasir, (di sana) tidak ada internet dan radio shortwave adalah sumber informasi nomor satu, kita juga harus berpikir internet tidak bisa kekal dan bisa terganggu suatu hari dan apa yang kita miliki hanyalah radio yang bekerja sebagaimana mestinya.″

A: ″Apakah anda berpendapat kita harus mempertahankan shortwave?″ 
Q: ″Ya, informasi adalah nomor satu, informasi adalah jalan untuk menjadi tahu.″ 
A: ″Anda telah mendengarkan Voice of Turkey sebelumnya dan acara apa yang anda sukai?″ 
Q: ″Saya rasa saya sudah mendengarnya pertama kali pada 2002, setidaknya yang saya ingat.″
A: ″Dan pada waktu itu anda masih belasan tahun?″
Q: ″Ya, saya 13 tahun, (saya mendengarnya)  dalam bahasa Jerman, secara status saya adalah orang Jerman, waktu itu melalui teman saya yang mengunjungi Ankara, dia mengunjungi stasiun radio ini dan mengadakan wawancara dengan seksi Jerman, itu adalah pengalaman pertama yang bisa saya ingat. Kemudian saya juga mendengarkan medium wave dan terutamanya saya suka musik.″(hind)

Tidak ada komentar: