Jumat, 29 Oktober 2010

Pemancar shortwave digital Bavaria akan ditutup

Bayerische Rundfunk press release, 27 September 2010, dikirim oleh Kai Ludwig:
“Mengingat upaya-upaya penghematan Radio Bavaria memutuskan untuk menghentikan siaran shortwave pada frekuensi 6085 Khz (49 meter band), dengan demikian tiap tahun dapat menghemat biaya listrik khususnya untuk Radio Bavaria. Keputusan ini dibuat mengingat perdagangan dan konsumsi radio shortwave digital (Digital Radio Mondiale―DRM) berada dalam difusi yang sangat rendah. Pemilihan peralatan DRM masih sangat rendah dan sejauh ini pasar belum berkembang dengan memuaskan. Kembali ke propagasi shortwave analog dihapuskan disebabkan oleh digitalisasi progresif pendistribusian program.

Mengapa program yang telah didistribusikan secara digital ke pemancar tersebut tidak bisa dipancarkan secara analog? Mungkin ada keuntungannya bagi transmisi analog.

Fasilitas Radio Bavaria 6085 Khz adalah salah satu pemancar shortwave terakhir yang digunakan untuk siaran domestik di Jerman. Sedangkan medium wave menyediakan penerimaan jarak jauh pada malam hari, shortwave 49 meter band menyediakan penerimaan serupa pada siang hari. Pada tahun 1950an sampai 1970an bukanlah hal yang  luar biasa bagi radio-radio di Jerman, khususnya dalam mobil untuk memasukkan shortwave 49 meter band (dan tidak ada cakupan shortwave lainnya).
(Sumber: Kim Andrew Elliott reporting on International Broadcasting www.kimandrewelliott.com)

Tidak ada komentar: