Senin, 11 Oktober 2010

Penyiar VOA memenangkan New York Festival Award

Washington, D.C., 24 September 2010, penyiar VOA bahasa Korea dianugerahi The Gold World Trophy for National/International Affairs dalam New York Festival International Radio Programming & Promotion Awards Ceremony hari ini untuk laporannya tentang pekerja migran Korea Utara di Vladivostok, Russia.

Laporan reporter VOA bahasa Korea, Jeon, “My Nations Command, My Only Dream: The Story of North Korean Migrant Workers,” dalam tiga seri pada Agustus 2009. 

Dari 11 sampai 16 Juli 2009, Jeon menjumpai lusinan dari yang diperkirakan sebanyak 5000 pekerja migran Korea Utara yang melakukan kerja keras di kota Russia itu. Beberapa diantara mereka setuju membiarkan Jeon merekam wawancara dengan syarat ia menggunakan nama samaran dalam laporannya. Ulasan ini menyajikan pengetahuan langka mengenai penderitaan yang mereka hadapi untuk mendapatkan pendapatan tinggi dari yang diperkirakan di Korea Utara. Banyak yang bekerja lebih dari 10 jam sehari karena pemerintah Korea Utara mengambil prosentase yang besar dari gaji mereka.

Kim Chul-woong (nama samaran) memberi tahu Jeon bahwa “saya akan kembali ke Pyongyang jika saya mendapatkan banyak uang, anda dapat menikmati kehidupan yang kaya jika punya uang.” Pekerja migran lainnya memberitahunya bahwa “di sini saya dapat mengantongi sebanyak 1000 dollar sebulan.” Meskipun jam kerja panjang dan terpisah dari keluarga mereka, banyak orang Korea Utara dari semua lapisan setuju untuk menghabiskan lima tahun atau lebih guna mendapatkan gaji lebih tinggi sehingga mereka dapat menikmati kehidupan yang lebih baik ketika kembali.

Jeon adalah seorang penyiar kawakan yang telah meliput masalah-masalah Korea Utara selama lebih dari 15 tahun. Perjalanannya ke Vladivostok memerlukan enam bulan perencanaan untuk menyusun kontak dengan daerah itu. Pihak berwenang pemerintah Korea Utara mengawasi secara ketat terhadap warga yang bekerja di luar negeri, jadi membuat kontak di Vladivostok dibawah pengawasan semacam ini sangatlah sulit.

Dengarkan versi asli laporan Jeon di http:author/voanews.com/korean/vladivostok.cfm
Untuk laporan internet dari VOA bahasa Korea, kunjungi www.voanews.com/korean/ 
(Sumber: VOA Press Release)

Tidak ada komentar: