Sabtu, 16 Oktober 2010

From the DX Corner...

Voice of Turkey―DX Corner programme 9 Oktober 2010,  selain membacakan hasil pemantauan siaran dari para pendengar seperti biasanya tapi juga melaporkan secara singkat apa yang terjadi selama Konferensi EDXC (European DX Council) 2010 yang telah diadakan di Ankara 30 September-2 Oktober:

″Hari pertama―para peserta mengunjungi gedung Voice of Turkey (VOT), di sana mereka mengadakan tukar pandangan tentang shortwave dan VOT, diungkapkan pula bahwa VOT berencana melaunching transmisi dalam bahasa Jepang, kemudian mereka menemui bagian siaran bahasa lain seperti Jerman, Italy, Spanyol dan sempat mengadakan sesi wawancara. Selanjutnya peserta mengunjungi pemancar shortwave Emirler yang memerlukan waktu 55 menit perjalanan dengan mobil dari gedung VOT, di sana mereka mendapat penjelasan singkat dari insinyur serta teknisi TRT (Turkish Radio Television) dan beberapa peserta masuk ke ruangan pemancar serta menginspeksi peralatan. Hari kedua―diadakan meeting di hotel yang diawali dengan pembukaan oleh sekjen EDXC Mr. Tibor Sziglayi disusul dengan presentasi dari perwakilan VOT dengan mempresentasikan siaran luar negerinya dan juga diadakan sesi tanya jawab. Perwakilan dari Finnish DX Association menceritakan sejarah konferensi EDXC sejak 1968, diputuskan bahwa konferensi ini bukan ajang untuk menyuarakan politik dan agama, kilas balik konferensi pada 1987 di Finland dihadiri 300 peserta, tahun 1989 diadakan di Moroculian(?) yang merupakan daerah perbatasan antara Norway dan Sweden, sementara itu tahun 2004 tidak diadakan konferensi sedangkan untuk tahun depan (2011) belum diputuskan di negara mana. Toshimi Otaki dari Japanese Shortwave Club mempresentasikan fakta-fakta tentang pendengar shortwave dan medium wave di Jepang serta memperkenalkan beberapa tokoh menarik dan mengemukakan beberapa perkembangan positif dan negatif dalam dunia DXing,

berita bagus antara lain: Kongres AS menolak mengakhiri transmitter Greenville, Radio Slovak tetap siaran di shortwave, juga ada dua stasiun shortwave baru yakni WJHR dan WTWW singkatan dari We Transmit Worldwide.

Berita buruknya: Voice of Russia mempertimbangkan serangkaian pengurangan dalam shortwave, BBC berencana mengurangi siaran shortwave, Radio Sweden mengakhiri shortwave dan medium wave-nya.

Berita shortwave lain diantaranya: DXer terkenal Italy, Dario Monferini  mengadakan perjalanan ke 5 kota di Russia untuk mengunjungi stasiun-stasiun radio dan ia telah melakukan perjalanan radio selama beberapa tahun, kasus pemancar shortwave Vatican Radio yang menyebabkan kanker pada anak-anak―seperti pernah dimuat dalam blog beberapa bulan lalu―serta BBC Monitoring Service yang menghadapi pengurangan  anggaran juga turut mendapat perhatian dalam konferensi kali ini.(hind)

Tidak ada komentar: