Sabtu, 03 April 2010

Voice of Russia Beralih ke Standar Digital

Voice of Russia Beralih ke Standar Digital 

Pemerintah Rusia beralih ke sistem radio digital DRM (Digital Radio Mondiale). Voice of Russia adalah yang pertama mengimplementasikan standar digital 7 tahun lalu. 

Semua negara industri akan segera beralih ke sistem digital. Revolusi digital global dimulai pada 1998, ketika siaran DRM muncul dengan melibatkan ratusan stasiun radio termasuk media besar seperti BBC, Deutsche Welle, Radio France Internationale. DRM adalah universal dan  distandarisasi untuk shortwave, mediumwave dan longwave-menggunakan frekuensi dan bandwidth yang sudah ada di seluruh dunia. Keuntungannya dibandingkan dengan standar lain adalah ketahanannya terhadap interferensi, yang penting untuk siaran pada wilayah yang luas. 
Voice of Russia merupakan pelopor dalam siaran digital di Rusia. Setelah serangkaian percobaan sukses dalam standar DRM, Voice of Russia telah melakukan siaran dalam format digital setiap hari sejak 2003, kata Rashel Stavisskaya, seorang konsultan VOR. 

“Kini acara-acara VOR disiarkan dalam standar digital ke Eropa dalam bahasa Rusia, Inggris, Jerman dan Perancis, kami juga melakukan siaran ke Cina dan India. VOR juga berencana melakukan siaran ke negara-negara Arab dan Amerika Latin.” 

Pakar radio percaya DRM akan menjadi masa depan siaran. Keuntungan utamanya adalah kualitas suara yang tinggi sama seperti mp3 player. Jadi acara-acara VOR dalam lebih dari 30 bahasa dapat segera dengan kualitas suara yang tinggi dimanapun di dunia ini. Sistem digital juga ideal untuk signal pesawat pemancar tidak hanya di luar negeri tapi juga dalam negara yang mempunyai wilayah luas.
Format digital adalah realitas modern, tapi dasar yang tepat perlu dibuat untuk beralih ke format siaran digital secara penuh, yakni penyediaan radio digital. Rashel Stavisskaya mengatakan:   

“Beberapa negara memproduksi radio digital, tapi sedikit dan mahal. Tetapi, teknologi ini dapat digunakan untuk mengirimkan konten audio, teks dan foto serta data video. Perusahaan-perusahan Rusia telah mempelajari untuk membuat radio digital berkualitas.

Rusia berencana untuk beralih ke standar digital pada 2015. Jika produksi masal radio digital yang murah dan berkualitas ditetapkan pada waktu tersebut, siaran akan memasuki era digital baru.
(Sumber: Voice of Russia)

Tidak ada komentar: