Jumat, 02 April 2010

Programa Radio Jepang 2 - 7 April 2010


Jumat
2 April
"Fokus Radio Jepang"
Kin-o Takarai, Pencerita Lucu Kodan yang Mengangkat Tema-tema Sosial

photophoto
(Kiri) Kin-o Takarai
(Kanan) Takarai tengah tampil di atas pentas

Sejak mulai diperkenalkan di era Edo, seni bercerita secara lucu Kodan selama ini didominasi oleh pria. Namun Kin-o Takarai mengubah konsepsi ini karena ia adalah wanita pertama yang bergerak di bidang ini. Pilihan ceritanya tidak hanya terbatas pada tema tradisional saja, tapi juga tema modern seperti kesetaraan gender, sembari tetap menghibur para penontonya.

"Belajar Bahasa Jepang"
Sabtu
3 April
"Mari Menyanyi"
YELL oleh Ikimonogakari

photo
Instruktur Vokal: Emi Ogawa (Kanan)

Pada Sabtu pertama setiap bulannya, kami mengajak anda menghafal dan menyanyikan sebuah lagu pop Jepang. Lagu untuk bulan April ini adalah "YELL" dari kelompok Ikimonogakari. Yang akan ikut menyanyi bersama kita kali ini adalah Fatma Mbilili dari Siaran Bahasa Swahili. Mari kita bernyanyi bersama para penyiar Radio Jepang.

"J-pop Pekan Ini"
Kami menghadirkan lagu-lagu pilihan yang tengah populer di Jepang dalam pekan ini.
Minggu
4 April
"Halo dari Tokyo"

photo

Setiap hari Minggu, kami membacakan surat dan menjawab pertanyaan, serta memutarkan lagu-lagu permintaan pendengar.
Senin
5 April
"Fokus Radio Jepang"
Teknologi Ultra-Reality

photophoto
(Kiri) Professor Madya Yasushi Ikei dari Universitas Metropolitan Tokyo
(Kanan) Haptic Texture Display

Kemajuan teknologi-teknologi virtual reality selama ini digunakan dalam film-film 3 dimensi terkenal. Teknologi-teknologi ini utamanya terkait dengan penglihatan dan pendengaran. Namun sebuah kelompok yang dipimpin oleh Professor Madya Yasushi Ikei dari Universitas Metropolitan Tokyo tengah mengembangkan sebuah perangkat yang memungkinkan kita menyentuh obyek yang muncul di layar. Kita akan lihat bagaimana perangkat itu bisa meniru indra penyentuh.

"Belajar Bahasa Jepang"
Selasa
6 April
"Melintasi Garis Perbatasan"
Mengabdikan Diri untuk Haiti

photo

Hampir tiga bulan berselang sejak gempa bumi dahsyat mengguncang Haiti. Selama hampir 30 tahun terakhir, Akiko Sudo, seorang dokter yang juga biarawati telah mengabdikan hidupnya merawat penderita TBC di Haiti. Kita akan menyoroti soal pekerjaannya di Haiti dan bagaimana ia kini juga membantu proses rekonstruksi di negara itu.

"Pojok Tamatebako"
Rabu
7 April
"Nippon Q&A"
Wajah Yukichi Fukuzawa di Lembaran Uang 10.000 Yen.

Setiap Rabu kami menjawab satu pertanyaan dari pendengar di seluruh dunia. Kali ini kami akan menjawab pertanyaan dari seorang pendengar di Kuba mengenai Yukichi Fukuzawa yang wajahnya tercetak di atas lembaran uang 10.000 Yen. Kita akan melihat sisi dari sosok tokoh yang terkenal di dunia pada masanya itu.

"Legenda Dari Jepang"
Boneka Fukusuke dari Rumah Pemandian

"Belajar Bahasa Jepang"
Kamis
8 April
"Fokus Radio Jepang"
Memamerkan Kembang Api Jepang pada Dunia

Para peserta kompetisi kembang api internasional meluncurkan kembang api mereka yang disesuaikan dengan iringan musik. Sebuah tim asal Jepang ikut ambil bagian dalam kompetisi itu di seluruh dunia untuk menunjukkan kerumitan sekaligus keindahan kembang api tradisional Jepang.

Beranda Musik

Tidak ada komentar: