Sabtu, 19 Februari 2011

Mailbox Radio Prague

Komentar atas ditutupnya siaran shortwave Radio Prague pada 31/1/2011 (Mailbox 5/2/2011)

Harold Yeglin dari Virginia menulis:
“Selama bertahun-tahun saya mendengar laporan-laporan Radio Prague melalui radio shortwave. Tetapi, pada 10 tahun terakhir saya memperoleh berita bahasa Inggris anda melalui internet. Tidak ada gangguan udara, tidak ada signal yang timbul-tenggelam, tidak ada tubrukan frekuensi.”

Bill Bergadano dari New Jersey mempunyai pandangan berbeda:
“Saya mendengarkan acara Mailbox malam ini melalui web dan dua surat pertama yang dibacakan membuat saya tertawa terbahak-bahak, surat pertama mengatakan mendengarkan melalui situs internet lebih baik. Menurut siapa? Komputer saya BUKAN radio, kemudian surat selanjutnya mengatakan...radio telegraph merupakan cara kuno. Benarkah! Sebaiknya orang itu pergi ke ham band - dimana morse ada dimana-mana. Disebutkan kalau acara Mailbox akan terus berlanjut melalui web. Terlalu buruk karena saya tidak akan mendengarnya, anda ingin membuang waktu dengan peralatan radio web.”

Ian Evans di United Kingdom juga mendengarkan Mailbox pekan lalu:
“Surat-surat (yang dibaca) sebagian besar memusuhi shortwave dan pendengarnya. Seperti biasa para techno-evangelist sama sekali tidak mengerti. Pendengar shortwave adalah (orang-orang) romantis dan tidak ada romantika dalam mendengarkan di internet. Internet merupakan alat yang sangat berguna dan saya senang memiliki akses ke sana tetapi bagi saya itu semata-mata fungsional. Apa yang tidak dapat tergantikan adalah ritual duduk pada waktu yang ditetapkan sebelumnya dan mendengarkan, menunggu signal mengudara, menyesuaikan kontrol dan berharap kondisi (penerimaan) yang baik. Ketika saya berpikir tentang radio saya, saya merasa sayang dan kehangatan. Ketika saya berpikir tentang komputer saya, saya tidak merasakan apa-apa, itu hanya sebuah kebutuhan praktis.”

Stephen Hrebenach dari Ohio mengatakan:
“Saya memahami masalah anggaran yang dihadapi stasiun anda, mengharuskan beberapa perubahan. Saya harap Radio Prague dapat survive dalam jangka pendek dan maju pesat dalam jangka panjang.” 

Mick Edward dari United Kingdom menulis:
“Dengan sangat sedih dan tidak percaya mengetahui anda menghentikan siaran shortwave. Saya telah mendengar acara-acara anda selama bertahun-tahun dan juga menghargai konten anda yang berdasarkan fakta dan menghibur. Ada sedikit broadcaster internasional yang menyampaikan siaran secara seimbang dan profesional, Radio Prague menjadi salah satunya. Dengan menutup pemancar anda, anda menghilangkan sangat banyak pendengar suara lantang anda dalam masalah-masalah Eropa.”

“Kebanyakan teman saya pendengar shortwave Radio Prague tidak akan bermigrasi ke podcast. Saya yakin pemerintah anda tidak menyadari betapa banyak orang yang mendengar anda, juga tidak menyadari betapa penting siaran anda dalam mempromosikan pariwisata. Saya tidak akan pernah mengunjungi Republik Czech jika tidak mendengarkan anda. Nampaknya cahaya telah lenyap di Eropa dan Czech Radio dihentikan, sesuatu yang tidak dapat dilakukan orang Jerman pada 1945.”

Nick Sharpe dari United Kingdom menulis:
“Saya menjadi pendengar shortwave sejak di sekolah menengah sekitar 1973. Ketika pertama mendengarkan saya menggunakan radio Grundig Jerman. Radio Prague dan Radio Nederland adalah stasiun berbahasa Inggris utama yang dapat didengar pada 49 meter band di sore hari setelah sekolah. Ibu saya bekerja sebagai juru ketik di bagian tank tentara Inggris, jadi saya tidak bisa secara terbuka mendiskusikan kalau saya mendengarkan stasiun komunis tapi saya dapat selalu mengingat suara presenter pada saat itu. Saya sedih mendengar ini adalah minggu terakhir Radio Prague di shortwave namun saya berterima kasih anda tidak mengakhiri stasiun anda yang mana saya hendak mendengarkannya melalui link Real Audio.”

Email ini berasal dari Yukiko Tsuji-Maki dari Jepang:
“Menyedihkan Radio Prague hilang dari udara shortwave, tapi saya memahami langkah tersebut bila mengingat kemajuan teknologi komunikasi sekarang ini. Kegembiraan mendengarkan radio telah pergi, tetapi kegembiraan mendengarkan Radio Prague tetap sama hanya dengan cara beda, internet. Mengatakan yang sebenarnya, di tempat saya sangat sulit menangkap signal Radio Prague, jadi biasanya saya mendengarkan acara anda di internet. Oleh karena itu, selama Radio Prague terus siaran di internet, saya tidak menentang keputusan anda. Saya menyambut baik keputusan anda yang lain untuk mengirim kartu QSL bagi pendengar di internet. Saya berpikir broadcaster perlu mengetahui reaksi dan respon atau opini pendengar terhadap acara-acara mereka.”

Pendengar lain dari Jepang Hiroyuki Okada mengirim komentarnya:
“Hari penutupan siaran shortwave anda sudah sangat dekat. Saya sangat sedih tidak punya kesempatan mendengar siaran Inggris anda. Tapi saya dapat melihat halaman web anda dan menemukan (pertanyaan) kuis bulan ini.”

(Sumber: Radio Prague www.english.cz)―hind. 

Tidak ada komentar: