Senin, 07 Februari 2011

Programa Radio Jepang NHK 7-12 Februari 2011

7 Februari
(Senin)
Fokus Radio Jepang: Teknologi Baru untuk Era Logam Tanah Jarang (1)
- Campuran Magnesium Ultra Kuat yang tidak memerlukan Logam Tanah Jarang


photo
Professor Madya Hiromi Miura

Sebuah tim riset Jepang mengembangkan campuran magnesium paling keras di dunia yang dapat menggantikan magnesium yang berkekuatan rendah. Campuran magnesium super keras itu tidak memerlukan mineral  logam tanah jarang untuk produksinya.

Belajar Bahasa Jepang
8 Februari
(Selasa)
Fokus Radio Jepang: "Pendanaan Mikro" Yang Mengubah Dunia

photophoto
(Kiri) CEO MFIC Atsumasa Tochisako
(Kanan) Suasana di pusat layanan finansial MFIC

Kami perkenalkan anda pada pria Jepang yang menciptakan sebuah infrastrukur pendanaan yang bersejarah. Dia adalah Atsumasa Tochisako, 57 tahun, CEO Micro Finance International Cooperation (MFIC). Lembaga ini mengembangkan dan menawarkan layanan finansial termasuk pengiriman uang bagi para pekerja migran yang datang ke Amerika Serikat untuk mencari nafkah. Layanan finansial ini juga dirancang untuk membantu para pekerja asing di negara asal mereka.
9 Februari
(Rabu)
Nippon Q & A: Sejarah Ski di Jepang

Kali ini kami akan menjawab pertanyaan dari seorang pendengar di Myanmar: "Kapan tempat bermain ski pertama dibuka di Jepang?"

Legenda Dari Jepang: Sang Ahli Berbohong

Belajar Bahasa Jepang
10 Februari
(Kamis)
Fokus Radio Jepang: Proses Lahirnya Seorang Bayi - Kisah Seorang Ibu yang Mengajarkan Nilai Hidup Kepada Generasi Muda

photophoto
(Kiri) Nanako Oba, seorang tenaga pendidik tentang kelahiran
(Kanan) Kelas untuk anak usia 13 tahun

Jumlah generasi muda yang hamil atau bunuh diri saat ini tengah meningkat di Jepang. Kondisi ini mendorong seorang ibu untuk memberikan apa yang disebutnya "Pelajaran dari Kelahiran" kepada para anak-anak muda. Ia ingin membantu mereka agar dapat bersikap positif terhadap diri sendiri dengan melihat perjuangan seorang bayi untuk dilahirkan. Diharapkan mereka dapat menyadari betapa besarnya cinta kasih keluarga mereka. Kami akan mengajak anda menyoroti kegiatannya.
11 Februari
(Jumat)
Fokus Radio Jepang: Trend "Taman Kanak-kanak Hutan"

photophoto

Saat ini semakin banyak Taman Kanak-kanak di Jepang yang mengajak anak-anak keluar kelas. Sekolah yang dikenal dengan "TK di Hutan" itu ditujukan untuk mengembangkan kemampuan fisik dan kemampuan individual anak dengan cara bermain di alam terbuka. Simak laporan lengkapnya.

Belajar Bahasa Jepang
12 Februari
(Sabtu)
Pojok Tamatebako: Paraparanoid

photo
Band Paraparanoid bersama Prieka Khatima dari Radio Jepang

Pojok Tamatebako kali ini akan memperkenalkan anda pada sekelompok mahasiswa Sastra Jepang Universitas Gajah Mada yang bergiat di bidang musik lewat kelompok bernama Paraparanoid. Kelompok ini sempat tampil membawakan lagu-lagu Jepang dalam acara Temu Pendengar Radio Jepang di Jogjakarta pertengahan Januari lalu.

J-Pop Pekan Ini

Setiap Sabtu kami memutarkan tiga lagu yang tengah populer di Jepang pekan ini beserta informasi seputar penyanyi dan lagunya.
13 Februari
(Minggu)
Halo Dari Tokyo

Setiap hari Minggu, kami membacakan surat dan menjawab pertanyaan, serta memutarkan lagu-lagu permintaan pendengar.

Tidak ada komentar: