Selasa, 08 Februari 2011

Media dunia memperhatikan hilangnya BBC World Service dari shortwave

The Asian Age, 27 January 2011, Sanjay Basak:
“Siaran bahasa Hindi radio BBC adalah salah satu siaran radio tertua yang siaran ke India akan tutup dalam beberapa bulan. Mulai siaran pada 1940 dan transmisi terakhirnya akan pada 31 Maret 2011. Sumber-sumber memberitahu surat kabar ini bahwa 30 karyawan BBC yang biasa bekerja di siaran bahasa Hindi nampaknya akan kehilangan pekerjaan. Terdapat ketidakpastian atas nasib banyak koresponden dan wartawan lokal yang tersebar di utara India juga di Mumbai, Hyderabad, Kashmir, Rajastan dan Bihar. Hanya enam tahun lalu, pada 2004, BBC menggelontorkan jutaan pounds untuk membangun kantor seni di New Delhi untuk melayani India dan wilayah Asia Selatan yang lebih luas. Saat ini BBC bahasa Hindi siaran empat kali sehari pada 6.30 am, 8 am, 7.30 pm, 10.30 pm waktu setempat. Siaran tersedia di shortwave, medium wave dan televisi kabel. Acara-acara BBC bahasa Hindi diproduksi di studio London dan New Delhi. Jutaan penutur bahasa Hindi di seluruh dunia mengakses acara BBC Hindi dalam teks dan audio melalui bbchindi.com. ... Pemimpin senior BJP Mukhtar Abbas Naqvi, yang sering diwawancarai radio BBC Hindi mengatakan langkah itu ‘disayangkan.’ Dia merasa siaran tersebut mempunyai pengaruh penting dalam politik India dan populer di wilayah pedesaan. Di daerah hutan terpencil Dandakaranya dan Chhattisgargh, yang merupakan basis pemberontak maoist, Radio BBC Hindi menjadi sumber berita bagi pemberontak ultra-kiri.”

Republica, 27 January 2011:
“Dengan ditutupnya siaran shortwave, bahasa Nepal hanya akan bisa didengar di radio FM dan internet, kata Rabindra Mishra, kepala siaran bahasa Nepal.”

Jamaica Observer, 27 January 2011:
“BBC bahasa Karibia―pernah menjadi tempat bagi mendiang penyiar Hugh Crosskill dan ikon budaya Bennet Coverley―akan berhenti pada 31 Maret tahun ini. Sebagai akibatnya lima jabatan akan hilang. ... Meskipun tidak disangkal hilangnya service gratis itu akan berpengaruh pada siaran warta berita lokal, Milton Walker, kepala berita pada group RJR mengatakan mungkin ini saatnya membangkitkan kembali service berita di Karibia.”

Voice of Russia, 27 January 2011, Balayeva Yelena:
“Karyawan siaran bahasa Russia juga telah diberitahu mengenai pemangkasan itu. Siaran pagi dan malam BBC bahasa Russia akan menjadi sesuatu yang lewat. Hanya sedikit acara radio yang masih akan diproduksi, termasuk ‘BBSeva’ yang dibawakan Seva Novgorodtsev. Namun pendengar hanya akan dapat mendengarkannya melalui website yang akan disiarkan langsung. Acara radio tradisional akan berakhir pada Maret dan pada April akan diketahui siapa yang benar-benar lepas.”

China Digital Times, 26 January 2011, Samuel Wade:
“Perubahan materi bahasa China ke internet telah ditetapkan beberapa tahun lalu menurut Connor Walls, mantan asisten penyiaran di World Service. Dia menambahkan bahwa siaran bahasa Mandarin telah lama diganggu oleh pemerintah China, membatasi pengaruh langsung penghentian transmisi shortwave.”

(Sumber: Kim Andrew Elliott reporting on International Broadcasting www.kimandrewelliott.com)―hind.

Tidak ada komentar: