Kamis, 17 Februari 2011

Akhir sebuah era: Radio Prague mengakhiri siaran di shortwave (sambungan)

... Karena keputusan meninggalkan siaran shortwave mengemuka, kami menerima banyak dukungan dari pendengar di seluruh dunia. Keputusan tersebut begitu  memecah belah mereka.

“Nama saya Mark Coady, 55 tahun dan tinggal di Peterborough, Ontario, saya telah mendengarkan Radio Prague sejak sekitar 1980. Dalam memahami alasan penutupan shortwave, saya benar-benar akan merindukannya. Saya rasa masalahnya adalah pemerintah tidak paham nilai ekonomis shortwave, anda dapat mencapai banyak orang dengannya. Adalah hal yang mudah bagi pemerintah untuk menghentikan, sebab banyak orang tidak lagi  memahami shortwave.” 

“Nama saya Rajdeep Dah dari India. Saya pendengar lama Radio Prague siaran bahasa Inggris melalui shortwave, saya telah mendengarkan selama 10 tahun. Saya belum pernah ke Republik Czech tapi saya tahu banyak tentang Prague dan Eropa melalui berita, current affairs, olahraga yang sungguh mengagumkan saya. Ketika saya tahu Radio Prague menutup siaran bahasa Inggris di shortwave saya sangat sedih, benar-benar sedih.”

“Nama saya Brendon Monaghan, saya pelajar tingkat sarjana dari Portland, Oregon AS, saya telah mendengarkan Radio Prague sejak sekitar pertengahan 90an, melalui internet atau radio. Ditinjau dari komentar-komentar dalam mailbox dan laman facebook, ada lebih dari satu hal yang dapat anda ambil dari diakhirinya shortwave ini. Anda dapat memperlakukannya seperti sebuah pemakaman dan membicarakan betapa buruknya itu serta keluh kesah hilangnya stasiun anda atau anda dapat melihat itu sebagai upaya untuk tetap relevan dan berada di puncak teknologi baru dan berada sebagai transisi ke abad 21.”

“Saya Francois Pellican dari Nederland, saya tinggal di Republik Czech. Saya menggunakan Radio Prague sebagai sumber informasi utama mengenai orang Czech dan Republik Czech. Sebenarnya saya tidak pernah mendengarkan Radio Prague melalui shortwave tetapi menggunakan web, saya menggunakan podcast, saya menggunakan siaran melalui internet dan juga membaca artikel Radio Prague. Pendapat saya tentang menghentikan shortwave adalah sederhana: saya tahu ada pemangkasan anggaran dan saya berpikir demikian sebab Radio Prague menyajikan sumber informasi unggul melalui internet. Bagi saya menghentikan siaran shortwave adalah pengorbanan yang bisa dipahami.”

“Nama saya Rodney Bowers. Saya pertama kali mendengarkan Radio Prague di sebuah kota kecil bernama Hartwell, Georgia di AS. Saya memilki radio shortwave pertama saat saya sekitar 14 tahun di akhir 60an, Radio Prague adalah salah satu stasiun yang mudah ditangkap dan memiliki signal bagus. Dalam satu taraf saya berada di kedua sisi dari isu shortwave ini. Terlibat dalam bisnis komputer, tentu saya paham kekuatan internet serta kemampuannya untuk mengantarkan bermacam-macam konten, bukan hanya audio tetapi juga video, konten tertulis, yang tidak bisa didapati dalam shortwave. Pada sisi shortwave, anda bisa mendengarnya di mana saja, anda bisa mendengarnya di tempat asing dimana anda tidak memiliki koneksi internet. Jadi dalam memandang hal tersebut, sebagian daya tarik untuk dapat terhubung dengan masa telah berkurang dengan fakta bahwa anda tidak mempunyai siaran shortwave. Saya akan terus mendengarkan keduanya. Siaran Radio Prague akan berakhir dan itu mengecewakan namun tentu saya masih memiliki radio shortwave dan saya juga memiliki koneksi internet, jadi saya akan menggunakan keduanya.”

Siaran terakhir kami sudah sepantasnya ditujukan untuk Oldrich Cip yang telah mengatur jadwal frekuensi dan acara Radio Prague selama bertahun-tahun. Terima kasih banyak untuknya dan anda yang telah menyempatkan untuk menulis sebagai partisipasi dalam acara ini. Radio Prague akan tetap ada di sini, menyuguhkan berita serta acara feature tentang dan dari Republik Czech. Tetaplah mendengarkan, dan mintalah pada broadcaster lokal untuk menyiarkan kembali acara harian kami. Bagi anda yang tidak dapat mendengar secara online, kami akan sangat senang dan merasa terhormat untuk memberikan anda service ini, dari semua staf kami, terima kasih telah mendengarkan dan selamat tinggal.

(Sumber: Radio Prague www.radio.cz)―hind.

Tidak ada komentar: