Selasa, 08 Februari 2011

Reaksi terhadap pemangkasan BBC World Service (part 2)

The Independent, 27 January 2011, leader:
“Pemerintah mengklaim tidak ada service publik dapat dikecualikan dari pemangkasan anggaran. Dan niscaya terdapat ketidakefisienan di Bush House, markas besar World Service di London. Namun pemangkasan yang dimaksudkan terlalu hebat. World Service membantu memelihara demokrasi dan akuntabilitas politik di seluruh dunia. Selain itu World Service memproduksi banyak jurnalisme berkualitas tinggi, netral dan berwenang. World Service mengekspor ‘kekuatan lunak’ Inggris dan tetap menjadi tempat perlawanan perkembangan berita selebritis global. Negara yang relatif kecil seperti Inggris mungkin berjuang untuk didengar di tengah zaman yang mengglobal. Memperlemah salah satu aset internasional yang paling kuat adalah suatu kesalahan.”

The Independent, 27 January 2011, Daniel Howden:
“Adalah Afrika...yang menyimpan hubungan emosional yang paling kuat dengan BBC. BBC adalah brand media yang paling diakui. Walaupun tetap diakui, terdapat perasaan yang meningkat di tengah ekonomi afrika yang semakin besar bahwa pengaruh radio BBC memudar. Meskipun sekarang siarannya terdapat di gelombang FM di sebagian besar negara Afrika Timur, mayoritas orang Kenya lebih suka mendengarkan stasiun lokal yang memutar banyak musik mencampur bahasa Inggris, Swahili dan bahasa lainnya dalam satu campuran modern. BBC memelihara relevansi paling kuat dimana kehidupan sangat sukar. Somalia adalah salah satu contohnya. Siaran radio menjadi ladang pertempuran lain antara kelompok yang sedang berperang di negara itu sementara stasiun radio swasta menjadi target empuk militan Shabaab untuk menutup atau mengambil alih, BBC Somali Service tetap menjadi suara independen yang penting. Ancaman apapun terhadap siaran-siaran ini akan memiliki dampak nyata bagi pendengar yang tidak mempunyai pilihan lain.” 

Demotix, 26 January 2011, Peter Marshall:
“Dipandang dari segi kepercayaan, BBC World Service menjadi brand terkemuka di seluruh dunia yang dapat menjadi semakin penting dan berpengaruh di masa depan. Namun BBC memutuskan untuk memangkasnya secara drastis, mungkin sebagai kesengajaan tetapi itu adalah respon tidak bijak terhadap sikap pemerintah pada biaya lisensi. Negara berhak mendapatkan perlakuan lebih baik dan sikap lebih bertanggung jawab. Kita dapat hidup dengan setidaknya satu seri komedi yang dapat dibuat oleh provider komersial atau pertandingan olahraga yang akan juga dicakup mereka, tetapi BBC adalah unik. World Service dihargai sebagai yang terbaik di dunia dan harus menjadi prioritas BBC dari pada diperlakukan sebagai relasi yang buruk.”

NMEGI, 27 January 2011, Peter Horrocks, direktur BBC Global News:
“Apa yang tidak ingin kami ubah adalah tujuan BBC untuk terus menjadi penyedia berita internasional yang terpercaya, berkualitas dan netral. Kami akan membawa keahlian, perspektif dan konten BBC kepada audiens terbesar di seluruh dunia, yang akan merefleksikan Inggris dan rakyatnya dengan baik.”

BBC Trust press release, 26 January 2011:
“Kepala BBC Trust Sir Michael Lyons mengatakan: ‘Hari ini adalah hari yang sulit bagi BBC World Service dimana kami ingin memastikan terus menjadi broadcaster berita dan informasi yang paling berwenang di seluruh dunia. Namun kami tidak punya pilihan selain bertahan dengan dana bantuan pemerintah yang berkurang. Tujuan kami adalah membantu World Service terus mendukung peran internasional BBC dengan memastikan bahwa World Service menyesuaikan keperluan perubahan audiensnya dalam lingkungan pengeluaran publik yang semakin terdesak. Sebagai bagian dari itu BBC Trust menyetujui penutupan 5 service bahasa.’”

(Sumber: Kim Andrew Elliott reporting on International Broadcasting www.kimandrewelliott.com)―hind.

Tidak ada komentar: