Kamis, 17 Februari 2011

Akhir sebuah era: Radio Prague mengakhiri siaran di shortwave

Dengan presentasi khusus ini, Radio Prague mengakhiri 75 service radio shortwave-nya. Seperti yang anda ketahui sekarang, tindakan penghematan di seluruh kementrian pemerintah Czech memaksa pemangkasan anggaran dalam banyak sektor, dan penyiaran publik adalah salah satunya. Selama sebagian besar abad lalu signal kami disiarkan ke enam benua, membawakan berita serta informasi tentang Czecho Slovakia dan Republik Czech kepada pendengar di seluruh dunia.

Radio Prague akan terus memenuhi misinya melalui siaran internet dan satelit―kami berharap 75 tahun yang lain―melalui media apapun di masa depan yang memungkinkan. Namun hari ini kami menandai akhir dari cara tradisional komunikasi modern yang telah berjasa sejak kemunculannya.

Czechoslovak Radio memulai service internasionalnya di shortwave melalui Radio Prague pada 1936, menurut kata-kata pemerintah, “untuk menyajikan propaganda dan informasi pemerintah dalam bahasa-bahasa utama dunia, serta menyajikan acara khusus bagi orang Czech dan Slovak yang tinggal di luar negeri dan tidak dapat mendapatkan acara radio domestik kami. Misi service shortwave baru ini akan menjadi penting sebab budaya kami―khususnya musik―akan menemukan audiens baru di seluruh dunia, memperkenankan kami untuk menunjukkan pada negara-negara Eropa lain betapa banyaknya kami berkontribusi pada kemajuan umat manusia di tengah kompetisi yang bersahabat.

Contoh paling hebat dari etos tersebut dimana Radio Prague menghubungkan siaran radio yang merupakan pengalaman yang terjadi pada hari natal 1937, ketika siaran langsung radio antara India, Prague dan AS untuk membolehkan penulis Karel Capek dan penemu Frantisek Krizik bertukar pesan muhibah dengan Albert Einstein di Princeton dan penyair India Rabindranath Tagore di Bengal.
Pengalaman tersebut menunjukkan potensi sebuah media yang telah menyebarkan pesan kami ke seluruh dunia bagaimanapun iklim politik atau rezim di dalam negeri maupun tempat lain. Dalam iklim ketegangan menuju ke Perang Dunia II, Radio Prague digunakan untuk melawan propaganda Nazi yang ditujukan untuk membangun dukungan internasional atas pencaplokan Sudentenland. 43 tahun kemudian ketika Czechoslovakia diserbu tank-tank Uni Soviet, service shortwave Radio Prague terus memberi informasi dunia apa yang sedang terjadi, sampai ia menjadi service propaganda Soviet dalam sisa Perang Dingin.

Sebagaimana siaran shortwave Radio Prague bertahan terhadap invasi bermusuhan atas negara sendiri, Radio Prague terus menembus blokade informasi di seluruh dunia. Transmisi Radio Prague terdengar di Cuba dalam bahasa Spanyol, di Belarus dalam bahasa Russia, meliputi Timur Tengah serta Afrika dalam bahasa Inggris dan Perancis. Pada tahun-tahun itu kami memiliki siaran dalam bahasa Swahili dan Portugis, Arab dan Italia, Esperanto dan banyak lagi. Bahkan sekarang, lebih mudah untuk memblokir internet daripada signal radio shortwave.

Orang yang bertanggung jawab pada masalah teknis siaran shortwave Czech Radio selama 40 tahun terakhir adalah Oldrich Cip, yang juga ketua Komite Koordinasi High Frequency internasional.
“Saya rasa semua stasiun shortwave masih penting meskipun era siaran shortwave tentu sudah berubah. Shortwave masih berharga bagi bagi segmen audiens tertentu, metode penyampaian radio internasional telah bervariasi dengan internet dan satelit namun shortwave mempunyai properti tertentu, dan saya sangat yakin akan selalu ada segmen audiens tertentu yang lebih suka siaran shortwave dari pemancar terrestrial dari pada metode penyampaian lain. Saya khawatir segolongan pembuat keputusan di beberapa organisasi besar mungkin akan menyebabkan efek domino, ketika mereka mulai mengurangi (shortwave) kemudian (organisasi) yang kecil mengikutinya. Jadi saya khawatir pengurangan siaran shortwave seluruh dunia dibuat dengan sangat tergesa-gesa dan itu bukan perkembangan yang bagus.” 

Tapi jika dana untuk siaran shortwave yang mahal kurang, apa yang anda rekomendasikan?

“Well menguranginya! Namun tetap mengudara.
Saya percaya siaran-siaran shortwave akan selalu berguna. Saya rasa kelompok pendengar tertentu ini akan tetap mendengarkan shortwave dan sayangnya Radio Prague tidak ada di sana.” (bersambung)

(Sumber: Radio Prague www.radio.cz)―HIND.

Tidak ada komentar: