Selasa, 01 Februari 2011

Detail pemangkasan BBC World Service

“Penutupan service bahasa secara penuh: Akan dilakukan penutupan 5 service bahasa secara menyeluruh―Albania, Macedonia, Portugis untuk Afrika, Serbia, juga bahasa Inggris untuk kawasan regional Karibia.”

“Acara radio yang diakhiri: BBC World Service akan menghentikan semua acara radio―sebagai gantinya berfokus pada konten dan distribusi online, mobile dan televisi―dalam bahasa-bahasa sebagai berikut: Azeri, Mandarin China (acara radio dalam bahasa Kanton terus berlanjut), Russia (mempertahankan beberapa acara yang hanya akan didistribusikan secara online), Spanyol untuk Kuba, Turki, Vietnam dan Ukraina.”   

“Pengurangan distribusi shortwave dan medium wave: Akan dilakukan pengurangan bertahap dalam medium wave dan shortwave. Siaran bahasa Inggris melalui shortwave dan medium wave ke Russia dan bekas Uni Soviet direncanakan akan berakhir pada Maret 2011. 268 service medium wave meliputi Eropa Barat dan Inggris Tenggara akan berakhir pada Maret 2011. Pendengar di Inggris dapat terus mendengarkan melalui DAB, televisi digital dan online. Mereka yang tinggal di Eropa dapat terus mendengarkan secara online atau langsung melalui satelit domestik Hotbird dan UK Astra. Pada Maret 2014, siaran bahasa Inggris di Afrika dan Asia melalui shortwave dapat dikurangi menjadi 2 jam perhari. BBC World Service akan menghentikan seluruh distribusi konten radio melalui shortwave pada Maret 2011 dalam bahasa: Hindi, Indonesia, Kyrgyz, Nepal, Swahili, dan Great Lakes service (untuk Rwanda dan Burundi). Service-service radio ini akan terus tersedia untuk audiens dengan cara distribusi yang lain seperti radio FM (siaran langsung dan melalui patner), online, mobile dan media baru lainnya. Siaran shortwave lainnya selain dalam bahasa Inggris diperkirakan akan berakhir pada Maret 2014 dengan pengecualian sejumlah kecil service seperti bahasa Birma dan Somali.” 
(Sumber: Kim Andrew Elliott reporting on International Broadcasting www.kimandrewelliott.com)―hind.

Tidak ada komentar: