Sabtu, 26 Juni 2010

Programa Radio Jepang 27 Juni - 3 Juli 2010


Minggu
27 Juni
"Halo dari Tokyo"

photo

Setiap hari Minggu, kami membacakan surat dan menjawab pertanyaan, serta memutarkan lagu-lagu permintaan pendengar.
Senin
28 Juni
"Fokus Radio Jepang"
Robot Bertenagakan Serangga

photophoto
(Kiri) Robot mikro bertenagakan jaringan otot serangga
(Kanan) Sumber tenaga robot itu: Ctenoplusia agnate

Seorang peneliti Jepang tengah mengembangkan sebuah robot mikro yang bertenagakan jaringan otot dari larva serangga. Jaringan otot itu lebih kuat dibandingkan jaringan otot mamalia dan menjadi sumber tenaga robot tersebut tanpa dukungan baterai apapun. Kita akan menyoroti teknologi hemat energi ini.

"Belajar Bahasa Jepang"
Selasa
29 Juni
"Menelusuri Kembali Jepang"
Mengapa Orang Jepang Enggan Berbicara Bahasa Inggris?

photophoto

Hari Selasa terakhir setiap bulan adalah waktunya bagi salah seorang penyiar kami Menelusuri Kembali Jepang. Mereka menyiapkan sebuah laporan tentang keunikan atau hal-hal berbeda yang mereka jumpai di Jepang. Bulan ini giliran penyiar dari seksi Bahasa Hindi Lochani Asthana yang mengangkat tema mengapa orang Jepang enggan berbicara bahasa Inggris.
Rabu
30 Juni
"Nippon Q&A"
Shishi-odoshi

Pekan ini kami akan menjawab pertanyaan dari seorang pendengar di Thailand tentang: "Mengapa di taman-taman Jepang dilengkapi Shishi-odoshi?"

"Kuis Belajar Bahasa Jepang 3"

photo

Mari kita mengulas kembali beberapa ungkapan penting yang kita pelajari dalam Belajar Bahasa Jepang bulan ini dalam bentuk kuis.

"Lanskap Suara"
Mengarungi Sungai Shimanto

photo

Sungai Shimanto di awal musim panas. Sebuah perahu layar yang membawa para pelancong perlahan mengarungi sungai menuju ke hilir diiringi nyanyian sang pendayung perahu.
Kamis
1 Juli
"Fokus Radio Jepang"
Pedagang Jepang yang Menyokong Revolusi Cina

photophoto
(Kiri) Sun Yat-sen bersama Shokichi Umeya di sebelah kirinya.
(Kanan) Surat pesanan senjata yang ditujukan kepada Umeya dari tentara revolusi Cina.
(Foto-foto disediakan oleh Ayano Kosaka)

Pengusaha Jepang Shokichi Umeya pernah memberi sokongan bagi Sun Yat-sen yang memimpin revolusi Cina tahun 1911. Persahabatan mereka akan ditampilkan dalam sebuah pameran di Shanghai EXPO bulan Agustus. Radio Jepang akan mengangkat persahabatan yang tidak diketahui banyak orang ini melalui wawancara dengan keturunan Umeya.

"Tanggapan Docchi"
Jumat
2 Juli
"Fokus Radio Jepang"
Hamlet Cina Dipentaskan di Jepang - Memperkenalkan Aktor Cina Wang Ban

photophoto

Mahakarya William Shakespeare, "Hamlet", dipentaskan dalam bahasa Cina di sebuah teater di Tokyo pada akhir Juni. Kami mewawancarai aktor papan atas Cina, Wang Ban yang menjadi pemeran utamanya.

"Belajar Bahasa Jepang"
Sabtu
3 Juli
"Mari Menyanyi"
Aku Cinta Padamu Lagi oleh Fuyumi Sakamoto

photo
Refat Ali bersama Guru Kooshoo Sugie (kanan)

Dalam program yang diudarakan di hari Sabtu pertama setiap bulannya ini, kami mengajak Anda menyanyikan dan menghapal sebuah lagu Jepang. Lagu untuk bulan Juli adalah "Mata Kimi ni Koishiteru" atau "Aku Cinta Padamu Lagi" yang dinyanyikan seorang wanita penyanyi balada tradisional enka Fuyumi Sakamoto. Penyiar Radio Jepang dari seksi Bahasa Bengali, Refat Ali, menerima tantangan untuk menyanyikannya.

"J-pop Pekan Ini"
Kami memilihkan tiga lagu yang tengah populer di Jepang dalam pekan ini beserta informasi seputar penyanyi dan lagu yang diputar.

1 komentar:

Berita Jepang mengatakan...

nice info...
ternyata ada radio jepang yah...