Minggu, 06 Juni 2010

Deutsche Welle dan Bangladesh Betar Tandatangani Perjanjian Kemitraan Komprehensif

 DW-Radio akan siaran langsung 2 kali sehari dari Bangladesh.

Terima kasih untuk sebuah perjanjian kemitraan baru dengan Bangladesh Betar (BB), radio Deutsche Welle Bahasa Bengali akan disiarkan oleh badan penyiaran publik Bengali pada masa yang akan datang. Perwakilan dari kedua organisasi menandatangani sebuah perjanjian pada 9 Maret 2010 di Dhaka.

Menyusul perjanjian ini Bangladesh Betar akan menyiarkan acara DW antara jam 08.00-08.30 am dan juga jam 08.00-08.30 pm menggunakan 6 pemancar di Dhaka, Chittagong, Sylhet, Khulna, Rajshahi dan Rangpur. Deutsche Welle akan mendirikan peralatan satelit di lokasi tersebut guna memungkinkan penangkapan dan penyiaran kembali. 

Selain itu, kedua patner setuju untuk memperpanjang program pelatihan yang sukses bagi para jurnalis melalui DW-AKADEMIE. Kedua badan penyiaran juga akan meneruskan program pertukaran jurnalis yang didirikan pada 1975.   

“Kami gembira untuk meneruskan kemitraan dengan BB,” kata Gerda Meuer, Direktur Pelaksana DW-AKADEMIE. “Kami telah bekerja sama dengan mereka dalam banyak bidang selama lebih dari 30 tahun dan kami yakin perjanjian baru ini akan bermanfaat bagi kedua belah pihak.” 

Perjanjian ini menandai tonggak bersejarah lainnya dalam hubungan antara Deutsche Welle dan Bangladesh Betar, dan itu akan membantu badan penyiaran internasional Jerman untuk memperluas layanan radio berbahasa Bengali di Bangladesh melalui jalur FM.

Perjanjian itu ditandatangani dihadapan menteri Mr. Abdul Kalam Azad, Mr. Md. Mahbubul Alam, Direktur Jenderal Bangladesh Betar serta Ms. Gerda Meuer, Direktur Pelaksana DW-AKADEMIE.

Radio di Bangladesh merupakan satu bentuk media yang penting dan menjangkau persentase yang besar dari 153 juta orang setiap hari. Badan penyiaran internasional hanya dapat aktif dalam pasar ini dengan kerjasama dari badan penyiaran publik nasional Bangladesh Betar yang didirikan pada 1971.
(Sumber: DW Press Release)

Tidak ada komentar: