Sabtu, 26 Juni 2010

Ternyata Aung San Suu Kyi pendengar Shortwave

Mail&Guardian (Cape Town), 19 June 2010, Lisa Steyn: 
“Menurut media pengasingan Birma Aung San Suu Kyi akan merayakan ulangtahunnya (ke-65) di pingitan dengan 2 teman wanitanya. Ia tidak boleh dikunjungi dan saluran teleponnya telah diputus selama bertahun-tahun. Tapi ia memiliki sebuah radio shortwave, jadi ... jika batereinya bekerja ... ia akan tahu bahwa banyak orang di seluruh dunia menghormatinya.”

Irish Times, 20 June 2010, Stephen Morgan:
“Sebuah lagu ulangtahun yang digubah Paul Brady yang disebut The World is Watching dimainkan sabtu pagi di BBC World Service, satu-satunya stasiun radio yang Daw Suu Kyi diizinkan untuk mendengarkan. The Democratic Voice of Burma, sebuah organisasi nirlaba, mengadakan perjalanan dari kantor mereka di Norwegia untuk memfilmkan pertunjukan itu, dan telah membuat rencana dengan otoritas Birma untuk memperlihatkan footage ini kepada Daw Suu Kyi.” -- Benarkah? Ia tidak diperbolehkan mendengarkan VOA atau RFA Bahasa Birma?

amnesty.org.uk, 17 June 2010:
Tidak ada yang meragukan kekuatan radio - itu adalah kata-kata Amnesty International - yang saat ini melancarkan permohonan keuangan yang besar untuk menyediakan ribuan pesawat radio bagi rakyat Birma. ... Meskipun adanya pembatasan ketat pada akses informasi di Birma, organisasi media di pengasingan dapat bersiaran secara langsung ke negara itu. Siaran-siaran ini adalah sumber informasi vital independen untuk orang-orang di Birma, khususnya dalam tahun ketika pemerintah mempersiapkan untuk mengadakan pemilu yang pertama kalinya dalam 2 dekade.
(Sumber: www.kimandrewelliott.com)

Tidak ada komentar: