Jumat, 04 Juni 2010

Programa Radio Jepang 4-10 Juni 2010

Jadwal Programa Mendatang

Jumat
4 Juni
"Fokus Radio Jepang"
Mencari Calon Suami Yang Suka Mengasuh Anak

photo
Para wanita yang berpartisipasi dalam sebuah seminar

Di Jepang, para pria yang berminat mengasuh anak semakin populer di kalangan wanita-wanita lajang yang tengah mencari calon suami. Berbagai seminar di gelar untuk memberikan saran kepada para wanita itu mengenai cara mendapatkan pasangan ideal. Pemerintah Jepang juga telah merevisi undang-undang yang akan membantu para suami yang ingin mengasuh anak. Kita akan menelusuri mengapa para pria yang ingin berpartisipasi aktif mengasuh anak kini semakin populer di kalangan wanita Jepang.
Sabtu
5 Juni
"Mari Menyanyi"
'Ka-cho-fu-getsu' atau Keindahan Alam oleh Remioromen

photo
Instruktur Vokal Kooshoo Sugie (Kanan)

Pada hari Sabtu pertama setiap bulannya, kami mengajak anda untuk ikut menyanyikan dan menghafal sebuah lagu Jepang populer. Lagu untuk bulan Juni adalah "Ka-cho-fu-getsu" yang berarti "Bunga-burung-angin-bulan", yang dibawakan oleh band rock populer Jepang, Remioromen. Rekan Siamak Bastami dari Siaran Bahasa Persia akan ikut menyanyi bersama kita.

"J-pop Pekan Ini"
Kami memilihkan tiga lagu yang tengah populer di Jepang pekan ini beserta informasi seputar penyanyi dan lagu yang diputar.
Minggu
6 Juni
"Halo dari Tokyo"

photo
Yose Fahmi dan Prieka Khatima, Pengasuh Halo Dari Tokyo

Setiap hari Minggu, kami membacakan surat dan menjawab pertanyaan, serta memutarkan lagu-lagu permintaan pendengar.
Senin
7 Juni
"Fokus Radio Jepang"
Mobil Surya Berkecepatan Tinggi dengan Sel Surya Buatan Jepang

Bulan Oktober tahun lalu, tim dari Universitas Tokai Jepang menang dalam ajang balapan mobil surya internasional yang diikuti oleh berbagai perguruan tinggi dan perusahaan dari seluruh dunia. Dalam program ini kami akan perkenalkan anda pada mobil surya canggih yang menggunakan sel surya yang terbaik.

"Belajar Bahasa Jepang"
Selasa
8 Juni
"Fokus Radio Jepang"
Pemikiran Di Balik Tekstil Tradisional - Peneliti Tekstil Tradisional Hiroko Iwatate

photophoto
(Kiri) Hiroko Iwatate
(Kanan) Ruang Pameran di Musium Tekstil Iwatate

photophoto
(Kiri) Kantha, kain perca dan sulaman di atas bahan katun putih buatan Bengali. Foto oleh Hiroko Iwate
(Kanan) Penutup tempat tidur bayi yang dihiasi dengan kepingan kaca dan sulaman, buatan Kutch, India Barat. Foto oleh Hiroko Iwate

Hiroko Iwatate telah menghabiskan masa 40 tahun berkunjung ke desa-desa di India dan negara lain di seluruh dunia untuk mengumpulkan bahan-bahan celupan yang biasa digunakan masyarakat kebanyakan. Kita akan dengarkan apa pemikirannya tentang kain-kain tradisional ini.
Rabu
9 Juni
"Nippon Q&A"
Nasi Yang Digulung Dalam Lembaran Rumput Laut

Pekan ini kita akan menjawab pertanyaan dari seorang pendengar di Myanmar. Dia bertanya, "Di Korea Selatan orang-orang punya kebiasaan makan nasi yang digulung dalam lembaran rumput laut. Bagaimana dengan di Jepang?"

"Legenda Dari Jepang"
Pasangan Yang Serasi

"Belajar Bahasa Jepang"
Kamis
10 Juni
"Fokus Radio Jepang"
Dukungan Untuk Kamerun: Kisah Desa Nakatsue dan Piala Dunia

photophoto

Piala Dunia 2010 akan dibuka pada hari Jumat tanggal 11 Juni. Sebuah desa di Jepang bersemangat mendukung Kamerun, padahal ini adalah tim yang akan dihadapi Jepang di Piala Dunia. Mengapa? Kami akan laporkan tentang desa ini yang bernama Desa Nakatsue di Propinsi Oita, Jepang Barat Daya.

"Beranda Musik"
Lagu-lagu Bertemakan Piala Dunia

Tidak ada komentar: