Sabtu, 26 Juni 2010

Transmitter Digital Radio Mondiale






Digital Radio Mondiale, 11 June 2010:
“Broadcast Australia dan Radio-Televisi Malaysia (RTM) belum lama ini membeli transmitter shortwave Digital Radio Mondiale, kedua broadcaster memilih model yang sama transmitter Continental Model 418G-DRM untuk upgrade ini. Broadcast Australia meminta Continental Electronics untuk menyediakan 2 transmitter DRM yang baru 100 kw untuk 2 stasiun shortwave mereka. Pembelian itu memperlihatkan langkah awal dalam rencana Broadcast Australia untuk mempertinggi kemampuan siaran digital shortwave-nya (HF) di seluruh jaringan pemancarnya. Transmitter ini akan memungkinkan Broadcast Australia memancarkan acara radio dengan cara analog AM dan digital (DRM) dari kedua stasiun, Tenant Creek dan Shepparton. Kedua transmitter baru Broadcast Australia diperkirakan akan mengudara dan beroperasi secara penuh akhir musim panas ini.
Radio-Televisi Malaysia membeli 3 transmitter DRM 100 kw dari Continental bersama dengan peralatan terkait lainnya untuk dipasang di stasiun pemancar RTM di Kajang, dan akan memungkinkan transmisi RTM dalam format digital DRM juga analog konvensional AM. Transmitter HF baru RTM dikapalkan dari pabrik CEC akhir Mei dan diperkirakan akan mengudara dan beroperasi secara penuh sebelum akhir tahun ini. 
Broadcast Australia adalah perusahaan transmisi swasta melayani konsumen utama Australian Broadcasting Corporation (ABC), termasuk Radio Australia, yang agaknya akan menjadi yang utama dan mungkin pengguna ekslusif transmitter Australia tersebut. Kalau Radio-Televisi Malaysia, akankah transmitter shortwave DRM itu digunakan untuk transmisi shortwave internasional/domestik, atau keduanya?
(Sumber: www.kimandrewelliott.com)

Tidak ada komentar: