Minggu, 06 Juni 2010

Microfon VOA setelah 34 tahun

Washington, D.C., 28 Mei 2010. 
Mikrofon yang digunakan Voice of America selama masa siaran Perang Dingin kembali ke markas besar di Washington, terima kasih kepada kurator museum nasional Smithsonian yang meminjam benda ini 3 dekade lalu.

Setelah perpanjangan waktu pameran, mikrofon VOA berada dalam lemari kaca penyimpanan di museum bersama dengan mikrofon lainnya, termasuk yang digunakan oleh Amelia Earhart pada waktu konferensi pers dan model lainnya yang digunakan Orson Welles pada waktu perang legendarisnya dalam siaran dunia. 

Dihiasi dengan ikon papan nama Voice of America, Altec 639 dibuat pertama kali pada 1940-an, secara luas digunakan oleh penyiar VOA termasuk Willis Conover, pembawa acara legendaris Music USA Jazz Hour. Diberi nama panggilan “sangkar burung” karena pagar yang mengelilingi ujungnya, mikrofon itu dengan tinggi 14 inchi dan berat 3 pon, cukup besar dibandingkan dengan model modern.

Mikrofon itu dipinjamkan kepada Smithsonian pada 1976 untuk pameran peringatan 200 tahunnya “A Nation of Nations” dan ditempatkan pada tempat penyimpanan yang aman ketika pameran ditutup. Kepala asosiasi museum Hal Wallace baru-baru ini mengambil alih koleksi electricity museum dan menjumpai mikrofon itu sebagai inventarisasi rutin.


Direktur Voice of America Danforth W. Austin mengatakan, “Kami berhutang budi pada Smithsonian karena memberikan kembali potongan sejarah kami.” 

Wallace yang membawa benda itu ke Voice of America mengatakan mikrofon itu tetap dalam penyimpanan karena para kurator 30 tahun lalu, “Mungkin berharap untuk menggunakannya lagi pada pameran-pameran lainnya.” 

Mikrofon tersebut akan segera menjadi pameran publik di markas besar VOA, sebuah pengingat pada masa pendirian layanan penyiaran, suatu masa sebelum televisi dan internet, ketika radio menjadi satu-satunya sumber berita, musik dan informasi bagi jutaan orang di seluruh dunia. 
(Sumber: VOA Press Release)

Tidak ada komentar: