Minggu, 08 November 2009

Programa Radio Jepang 9 - 15 Nov. 2009

Jadwal Programa Mendatang

Senin
9 November
"Fokus Radio Jepang"
Karbon Nanotube Yang Memperpanjang Produksi Minyak Bumi

photophoto
(Kiri) Struktur karet karbon nanotube
(Kanan) Professor Morinobu Endo dari Universitas Shinshu (Foto oleh Tim Riset Endo)

Sebuah terobosan karet jenis baru telah dikembangkan untuk digunakan dalam kepentingan riset dan pengeboran minyak bumi. Karet yang dicampur dengan karbon nanotube memungkinkan dilakukannya sebuah proses yang selama ini secara teknis dianggap sulit, yaitu mengebor minyak dalam kondisi suhu dan tekanan tinggi. Ini diperkirakan akan mampu memperpanjang masa yang tersisa sebelum sumber daya minyak bumi dunia habis, yakni dari 40 tahun menjadi 80 tahun.

"Belajar Bahasa Jepang"
Selasa
10 November
"Fokus Radio Jepang"
Musik Yang Menembus Batas Negara

photo

Dirigen asal Jepang, Yoshio Yanagisawa adalah kepala dirigen Kosovo Philharmonic Orchestra. Pada tahun 2007 ia mendirikan Chamber of Orchestra of Balkan. Dan pada bulan Mei tahun ini ia mewujudkan sebuah konser musik yang dibawakan bersama oleh para pemain yang berasal dari dua kelompok etnis yang bertikai yaitu etnis Albania di Kosovo dan etnis Serbia di Serbia. Dalam program kali ini kita akan menyimak cerita Yanagisawa yang tengah berada di Jepang untuk sebuah pementasan di Tokyo.
Rabu
11 November
"Nippon Q & A"
Mengapa Gambar dari Cetakan Kayu atau Ukiyoe Bisa Tersebar Ke Seluruh Dunia

Dalam Nippon Q&A kali ini kami menerima pertanyaan dari seorang pendengar di Indonesia: "Sejak kapan gambar dari cetakan kayu atau Ukiyoe menjadi terkenal di seluruh dunia?". Untuk menjawab pertanyaan itu kami akan menjelaskan sejumlah besar karya-karya cetakan Ukiyoe yang dijual di jaman Edo dan merupakan sarana pengisi waktu luang bagi masyarakat biasa pada masa itu. Ukiyoe menjadi terkenal di Eropa dan Amerika Serikat setelah diperkenalkan dalam sebuah pameran internasional di Paris pada akhir abad ke 19. Ukiyoe banyak menarik perhatian, termasuk di kalangan pelukis barat seperti Vincent van Gogh di masa mudanya.

"Legenda Dari Jepang"
Percakapan Dengan Monster - 1

"Belajar Bahasa Jepang"
Kamis
12 November
"Melintasi Garis Perbatasan"
Biarkan Suara Para Jurnalis Myanmar Terdengar ke Seluruh Dunia

Para jurnalis muda Myanmar saat ini tengah berupaya melawan ketatnya peraturan terhadap media massa di sana. Beberapa diantara mereka datang ke Jepang dan bertukar pandangan dengan rekan seprofesinya di Jepang. Kami akan laporkan tentang kegiatan mereka selama di Jepang.

"Tanggapan Dotchi"
Jumat
13 November
"Fokus Radio Jepang"
Berbagi Makanan Dengan Anak-Anak Afrika - Proyek "Table For Two"

Sebuah gerakan bantuan yang menyediakan makan siang di sekolah untuk anak-anak di Afrika kini tengah marak di Jepang. Para peserta program ini makan dari menu yang disebut "Table For Two" yang terkait dengan sebentuk sumbangan. Kami akan perkenalkan anda pada program ini melalui LSM penyelenggaranya dan juga rumah-rumah makan yang ikut berpartisipasi.

"Belajar Bahasa Jepang"
Sabtu
14 November
"Tangga Lagu Pekan Ini"
Deretan tangga lagu Oricon terbaik di Jepang pekan ini.

"Pojok Tamatebako"
Adaptasi kisah "Beauty and The Beast" dalam pewayangan yang ditampilkan oleh seorang dalang asal Jepang.
Minggu
15 November
"Halo dari Tokyo"

photo

Setiap hari Minggu, kami membacakan surat dan menjawab pertanyaan, serta memutarkan lagu-lagu permintaan pendengar.

Tidak ada komentar: