Jumat, 13 November 2009

Programa Radio Jepang 14 - 20 November 2009

Jadwal Programa Mendatang

Sabtu
14 November
"Tangga Lagu Pekan Ini"
Deretan tangga lagu Oricon terbaik di Jepang pekan ini.

"Pojok Tamatebako"

photophoto

photophoto

Dalang senior Jepang Ryoh Matsumoto mengadakan pagelaran wayang Jepang bertajuk Balada Cinta si Buruk Rupa yang merupakan adaptasi dari cerita "Beauty and the Beast" karya Beaumont. Dengan menggunakan boneka wayang dari Indonesia dan Jepang, pagelaran ini dikemas secara apik dengan tata musik menggunakan alat musik dari berbagai negara. Pagelaran kali ini diwarnai alat musik tradisional Jepang, biwa, tanpa kehadiran gamelan . Seperti apa racikan wayang yang digarap multinasional ini?
Minggu
15 November
"Halo dari Tokyo"

photo

Setiap hari Minggu, kami membacakan surat dan menjawab pertanyaan, serta memutarkan lagu-lagu permintaan pendengar.
Senin
16 November
"Fokus Radio Jepang"
Memurnikan Sawah Yang Tercemar Dengan Menggunakan Beras

photo
Foto: Institut Nasional Untuk Ilmu Pertanian Lingkungan

Telah dikembangkan sebuah teknologi baru untuk memurnikan sawah yang tercemar racun logam cadmium. Teknologi itu menggunakan sejenis beras yang mampu menyerap cadmium dalam jumlah besar. Teknik ini lebih murah dibandingkan metode-metode tradisional yang selama ini digunakan dan dengan mudah dapat diterapkan di daerah pesawahan yang luas. Kami akan mengulas soal teknologi pemurnian ini.

"Belajar Bahasa Jepang"
Selasa
17 November
"Fokus Radio Jepang"
Menuju Daerah Bencana Dengan Anjing Penyelamat: Pekerja Organisasi Bantuan Nirlaba Takeru Oka

photophoto
(Kiri) Kepala Tim Penyelamat Takeru Oka dan para siswa SMP yang datang untuk bertemu mereka.
(Kanan) Anjing penyelamat

Organisasi nirlaba Japan Rescue Association selama ini mengirimkan tim dengan anjing-anjing penyelamat ke berbagai kawasan bencana di seluruh dunia. Saat terjadi gempa hebat di Sumatera Barat bulan September lalu, pimpinan tim penyelamat, Takeru Oka sendiri yang langsung berangkat ke sana untuk membantu pencarian korban. Menurut Oka ia ingin memaksimalkan anjing-anjing penyelamat itu untuk menolong sebanyak mungkin nyawa manusia. Kita akan simak pengalamannya.
Rabu
18 November
Kapan Lagu Kebangsaan Jepang Diciptakan?

Setiap Rabu kami menjawab berbagai pertanyaan tentang Jepang dari para pendengar di seluruh dunia. Kali ini kami akan menjawab pertanyaan dari seorang pendengar di India yang menanyakan: "Kapan lagu kebangsaan Jepang diciptakan?" Untuk menjawab pertanyaan itu, kami akan jelaskan tentang sejarah lagu kebangsaan Jepang. Lebih dari 100 tahun lalu, sebuah komposisi musik diciptakan dengan bantuan orang Eropa, untuk mengiringi serangkaian lirik yang telah ada sejak 1000 tahun sebelumnya. Lagu itu sendiri baru secara resmi dinyatakan sebagai lagu kebangsaan Jepang 10 tahun lalu. Simak selengkapnya dalam Nippon Q&A edisi ini.

"Legenda Dari Jepang"
Percakapan dengan Siluman - Bagian 2

"Belajar Bahasa Jepang"
Kamis
19 November
"Melintasi Garis Perbatasan"
Menyampaikan Daya Tarik Film Cina: Penerjemah Teks Film Eiko Mizuno

photo

Eiko Mizuno telah menerjemahkan teks-teks film Cina yang diputar di Jepang sejak 10 tahun terakhir. Dulunya ia adalah seorang penggemar film-film Cina, dan kini menjadi seorang penerjemah teks film terkemuka di Jepang. Kami akan ulas perjalanan karirnya dan tentang perubahan yang terjadi dalam film-film Cina akhir-akhir ini.

"Tanggapan Dotchi"
Jumat
20 November
"Fokus Radio Jepang"
Potret Kehidupan Pribadi Aung San Suu Kyi

photophoto

photophoto
(Kiri Bawah) Foto oleh Anthony Aris
(Kanan Bawah) Foto oleh Akira Tazaki

Sebuah pameran foto digelar di Tokyo pada akhir bulan lalu, yang menampilkan sosok pemimpin pro demokrasi Myanmar Aung San Suu Kyi dan keluarganya. Pameran itu di organisir oleh Natsuo Miyashita yang telah lama menjadi sahabat keluarga Suu Kyi. Kita akan menelusuri kisah persahabatannya dengan keluarga Suu Kyi dan tentang karakter pemimpin pro demokrasi itu yang selama ini tidak pernah ditampilkan di media-media.

"Belajar Bahasa Jepang"

Tidak ada komentar: