Minggu, 08 November 2009

HUT ke-40 Internet


Tanggal 25 Nopember nanti akan diperingati sebagai HUT ke-40 lahirnya ARPANET yakni Internet pertama di dunia ini. Hari itu juga memiliki makna penting bagi Korea yang berkembang sebagai negara kuat dibidang Teknologi Informasi berbasis teknologi internet dan infrastruktur terkait lainnya.
Untuk itu, hari ini kami akan mengetengahkan keadaaan internet Korea saat ini dan dimasa depan, bersama dengan kolumnis teknologi dan ilmu pengetahuan Kim Hak-jin.
Komunikasi Internet pertama terjadi pada 29 Oktober 1969 saat tim penelitian profesor Leonard Kleinrock di UCLA mengirim pesan via ARPANET ke Universitas Stanford yang berjarak sekitar 600 kilometer. Walaupun ARPANET adalah jaringan penelitian di bawah Departemen Pertahanan AS, internet itu segera disebarluaskan ke bagian lain dengan kecepatan cahaya. Surat elektronik atau e-mail lahir pada tahun 1971 dan teknologi untuk menggabungkan jaringan yang ada dengan sekaligus dikembangkan pada tahun 1974. Delapan tahun kemudian internet diperkenalkan ke Korea. Dengan penampilan World Wide Web pada tahun 1990, Internet menjadi kebutuhan penting dalam kehidupan sehari-hari manusia di seluruh dunia, khususnya bagi rakyat Korea. Sumber : www.kbs.co.kr (red_blc)

Tidak ada komentar: