Sabtu, 08 Mei 2010

Programa Radio Jepang 9 - 15 Mei 2010


Minggu
9 Mei
"Halo dari Tokyo"

photo
Yose Fahmi dan Prika Khatima, Pengasuh Halo Dari Tokyo

Setiap hari Minggu, kami membacakan surat dan menjawab pertanyaan, serta memutarkan lagu-lagu permintaan pendengar.
Senin
10 Mei
"Fokus Radio Jepang"
Pembudidayaan Belut Kelas Dunia

photo
Foto: Institut Kajian Nasional Budidaya Perikanan

Belut adalah makanan populer di Jepang. Namun kini setiap tahunnya jumlah anak belut yang ditangkap di Jepang semakin menurun. Karena itulah selama bertahun-tahun terakhir para peneliti Jepang mengkaji berbagai cara agar belut-belut yang telah dibudidayakan bisa menghasilkan telur dan dikembangbiakkan. Kita akan lihat apa kunci keberhasilan dari proses yang luar biasa sulit ini.

"Belajar Bahasa Jepang"
Selasa
11 Mei
"Melintasi Garis Perbatasan"
Penggali Sumur Tradisional Jepang di Kenya

Untuk mengatasi masalah kekurangan air di Kenya, sejak 8 tahun terakhir Atsushi Ono terlibat dalam kegiatan penggalian sumur dan membagi keahliannya di negara itu. Ia menggunakan teknik menggali sumur tradisional yang disebut Kazusa-bori. Teknik ini berasal dari Propinsi Chiba di dekat Tokyo. Kami akan ulas perjuangannya dalam memberikan hidup yang lebih baik bagi masyarakat Kenya.

"Pojok Tamatebako"
Rabu
12 Mei
"Nippon Q&A"
Sejak Kapan dan Mengapa Tokyo Menjadi Ibukota Jepang?

Pekan ini kami akan menjawab pertanyaan dari seorang pendengar di Brazil: "Sejak kapan dan mengapa Tokyo menjadi ibukota Jepang?" Untuk menjawab pertanyaan itu, kami akan menjelaskan bagaimana Jepang memodernisasikan diri setelah restorasi Meiji di tahun 1868, yang memicu perubahan besar dalam struktur politik dan sosial di Jepang.

"Legenda dari Jepang"
Desa Hananoki dan Para Penyamun - Bagian 3
Kamis
13 Mei
"Fokus Radio Jepang"
Pekerja Teladan Jepang di Cina - Akira Kishi

photo

Insinyur farmasi asal Jepang, Akira Kishi, menjadi orang pertama dari luar Cina yang mendapatkan penghargaan sebagai pekerja teladan di Beijing tahun lalu. Penghargaan ini diberikan pemerintah Cina setiap 5 tahun dan merupakan penghargaan tertinggi untuk pekerja di negara itu.

"Beranda Musik"
Mengenal sosok dan lagu-lagu Kana Nishino
Jumat
14 Mei
"Fokus Radio Jepang"
Pesan Burung-burung Musim Panas

2010 adalah tahun keanekaragaman hayati. Berkenaan dengan itu kami akan mengajak Anda menikmati kicauan burung-burung musim panas di Jepang yang membawa pesan bahwa semua mahluk hidup di muka bumi ini adalah satu keluarga besar. Bukankah kita manusia hanya dapat mempertahankan hidup dengan dukungan dari sesama mahluk hidup lainnya?

"Belajar Bahasa Jepang"
Sabtu
15 Mei
"J-pop Pekan Ini"
Kami memilihkan tiga lagu yang tengah populer di Jepang pekan ini beserta informasi seputar penyanyi dan lagu yang diputar.

"Pojok Tamatebako"

Tidak ada komentar: