Rabu, 19 Mei 2010

From the Radio Mania Award

Asosiasi Internasional Siaran Radio Berbahasa Rusia yang dibentuk atas prakarsa Voice of Russia mendapatkan penghargaan spesial Radio Mania. Ajang penghargaan ini diperkenalkan oleh Kementrian Komunikasi Rusia dan Persatuan Media pada tahun 2001 untuk memberi penghargaan pada acara, pembawa acara serta stasiun radio terbaik di Rusia. Dalam waktu dekat Radio Mania juga akan mencapai stasiun berbahasa Rusia di negara lain.

Radio Mania award tidak hanya memberi penghargaan pada jasa-jasa profesional tapi juga menunjukkan pembawa acara radio kepada publik.
Keputusan juri memperlihatkan bahwa mereka memahami pentingnya asosiasi profesional bagi jurnalis berbahasa Rusia di seluruh dunia dan pentingnya membangun koneksi dengan perantau berbahasa Rusia.
Tujuan asosiasi adalah kerjasama profesional secara konstan bukan sekedar kampanye atau pertemuan sporadis. Organisasi ini menetapkan proyek bersama dan pertukaran data, audio, video serta konten internet. Banyak stasiun berbahasa Rusia menghadapi kesulitan kreatif dan finansial yang akan lebih baik jika diselesaikan bersama, kata kepala asosiasi, Oleg Kupriyanov.

Proyek pembentukan asosiasi tersebut dicetuskan dan disepakati pada akhir 2009 dalam Festival Internasional Broadcaster Berbahasa Rusia yang diselenggarakan Voice of Russia. Ide membentuk sebuah asosiasi yang mulai beroperasi pada bulan April ini didukung Dmitri Medvedev. Kemitraan  non-profit itu telah menyatukan jurnalis dari Eropa, AS, Israel dan negara-negara anggota CIS (Commonwealth of Independent States) dalam waktu singkat, demikian kata salah satu pendirinya - pengamat politik Voice of Russia, profesor Valentin Zorin.
Ide pembentukan asosiasi didorong oleh keperluan mendesak dari usaha gabungan stasiun berbahasa Rusia di seluruh dunia yang membantu mempersatukan pengguna bahasa Rusia yang tinggal di negara-negara berlainan. 

Sementara itu pembawa acara Expertise, Maxim Shalygin meraih penghargaan untuk kategori acara informasi dan politk terbaik, dalam acara tersebut ia bersama analis politik terkemuka Rusia mendiskusikan perkembangan terbaru di Rusia maupun luar negeri.
(Sumber: VOR)

Tidak ada komentar: