Sabtu, 15 Mei 2010

Pesawat ruang angkas Atlantis bertolak menuju stasiun ruang angkasa

Jumat (14/05) pesawat ruang angkasa Atlantis bertolak untuk terakhir kalinya dari landasan pacu Cape Canaveral, menuju stasiun ruang angkasa ISS. Pesawat ini akan disambut oleh ISS dan Progress.
Atlantis membawa onderdil tangan robot buatan Belanda ke luar angkasa.
Sejak 1981 Atlantis adalah pesawat andalan organisasi luar angkasa Amerika, NASA. Pesawat mewah ini adalah kendaraan rutin untuk pulang-pergi ke ISS. Atlantis juga jadi pesawat pengawas teleskop luar angkasa Hubble dan satelit-satelit rusak. Total, NASA membuat lima pesawat, termasuk Challenger dan Columbia yang terkena kecelakaan.
Istimewa
Jumat (14/05) untuk terakhir kalinya Atlantis bertolak ke ISS. Ia disambut hangat. Kedatangan pesawat ini bersamaan dengan kunjungan kapsul ruang angkasa Rusia Progress 36. Jika cuaca cerah, ketiganya bisa terlihat di langit: sebuah titik besar, ISS, dengan dua titik kecil. Jika beruntung, mereka bisa dilihat dengan mata telanjang, jika tidak teropong atau teleskop pasti bisa menangkap ketiganya.
Jika Anda ingin melihat pertemuan istimewa ini, silakan klik situs Heavens Above. Atau di Twitter @twisst tiap harinya bisa diikuti kegiatan stasiun ruang angkasa ini.
Tangan Robot Belanda
Selain enam awak Belanda dan satu modul penelitian dari Rusia, masih ada satu alat yang istimewa. Atlantis membawa onderdil cadangan untuk tangan robot baru di stasiun ruang angkasa tersebut. European Robotic Arm (ERA) dikembangkan oleh perusahaan ruang angkasa Belanda, Dutch Space. ERA adalah salah satu proyek terbesar dalam sejarah perjalanan ruang angkasa Belanda.
Di bawah pimpinan Dutch Space perusahaan dari delapan negara Eropa membangun sebuah tangan robot yang akan diluncurkan tahun 2012. Tangan robot itu panjangnya sebelas meter. Dia akan bekerja mandiri atau dikendalikan jarak jauh menggunakan remote dari ISS. Bagi astronot, teknologi ini amat membantu. Mereka tidak harus sering-sering pergi ke stasiun ruang angkasa ISS untuk melakukan perjalanan berbahaya.
Perpisahan
Setelah terbang dalam berbagai misi, Atlantis mendekati akhir hidupnya. Bulan September Discovery akan melakukan penerbangan terakhirnya. Endeavour mengakhiri perjalanannya bulan November mendatang. Pesawat ruang angkasa ini akan diletakkan di museum NASA. Amerika menghentikan operasi pesawat-pesawat ini dan akan memulai proyek baru, seperti penerbangan berawak ke Mars. Pesawat ini akan digantikan oleh versi modern raket Sojoez Rusia. Sama fungsinya, namun tentu saja, kurang spektakuler.(sumber : radio nederland )

Tidak ada komentar: