Sabtu, 08 Mei 2010

Pembukaan Era Televisi 3 Dimensi


Pilot program televisi 3 dimensi akan diudarakan oleh 4 stasiun penyiaran utama Korea Selatan mulai tanggal 19 Mei. Uji coba siaran 3 dimensi ini akan menjadi yang pertama kali di dunia. Komisi Komunikasi Korea telah memutuskan untuk memberi ijin bagi stasiun pemancar bumi untuk menyiarkan acara televisi 3 dimensi, untuk meningkatkan perhatian masyarakat terhadap penyiaran 3 dimensi di dalam negeri.

Empat stasiun siaran televisi utama Korea, KBS, MBC, SBS, dan saluran pendidikan EBS akan menyiarkan siaran 3 dimensi untuk daerah ibu kota mulai tangal 19 Mei hingga 12 Juli. Kegiatan olah raga yang berlangsung dalam periode itu, seperti Pra Kejuaraan Atletik Internasional Daegu 2011 dan 25 pertandingan sepak bola Piala Dunia Afrika Selatan akan disiarkan melalui siaran 3 dimensi. Disamping itu konten siaran 3 dimensi lainnya juga akan disiarkan dalam jangka waktu tersebut.

Teknologi bernilai tambah, tinggi 3 dimensi, dapat digunakan dalam dunia industri perfilman, penyiaran, games online, jasa kesehatan, hiburan, dan juga arsitektur. Teknologi 3 dimensi adalah bagian integral “industri konten” yang disebut-sebut sebagai salah satu mesin pertumbuhan generasi mendatang. Daya saing industri teknologi 3 dimensi telah dibuktikan lewat keberhasilan film Avatar.

Siaran percobaan televisi 3 dimensi itu diharapkan akan mempertajam daya saing stasiun penyiaran terrestrial dalam negeri. Namun demikian, persiapan yang hati-hati tetap diperlukan, sebab persaingan dalam industri 3 dimensi sudah dimulai.
Pemerintah Korea Selatan telah menyusun strategi pengembangan industri 3 dimensi yang dirancang untuk membuka era penggunaan secara penuh gambar 3 dimensi pada tahun 2015, serta membuka jalan menuju pasar dunia. Menurut strategi tersebut, pelayanan siaran 3 dimensi secara teratur akan dimulai tahun 2013, dan 20% konten siaran akan dibuat dengan teknologi 3 dimensi, dan televisi 3 dimensi yang tidak menggunakan layar kaca akan tersedia pada tahun 2015.

Untuk mencapai tujuan itu, investasi sebesar 800 miliar won atau sekitar 700 juta dolar akan ditanamkan hingga tahun 2015. Komisi Pengembangan Industri 3 dimensi yang dipimpin oleh wakil menteri Perekonomian akan dioperasikan, dimana pemerintah, industri dan lembaga penelitian bekerjasama untuk menemukan applikasi dan bisnis baru 3 dimensi. Sejalan dengan itu, sebuah pasar dengan nilai 15 triliun won atau sekitar 13 miliar dolar akan terbentuk, serta sebanyak 40 ribu tempat kerja akan diciptakan melalui upaya ini hingga tahun 2014.

Industri 3 dimensi telah berkembang dengan cepat sebagai sumber keuntungan industri TI dan konten budaya masa depan. Korea sebagai negara yang kuat dalam TI diharapkan akan membuat pencapaian yang luar biasa didalam sektor 3 dimensi. Perusahaan 3 dimensi Korea memiliki daya saing untuk monitor dengan keperluan khusus, kamera dan mikroskop. Jika dukungan pemerintah dan teknologi maju di satukan, maka hal itu akan memberikan kesempatan besar bagi industri TI Korea. Diharapkan, uji coba siaran televisi 3 dimensi akan menjadi energi pendorong bagi perkembangan industri 3 dimensi Korea. (Sumber : KBS )

Tidak ada komentar: