Sabtu, 30 Januari 2010

Programa Radio Jepang 31 Jan S/d 6 Pebr 2010


Minggu
31 Januari
"Halo dari Tokyo"

photo

Setiap hari Minggu, kami membacakan surat dan menjawab pertanyaan, serta memutarkan lagu-lagu permintaan pendengar.
Senin
1 Februari
"Fokus Radio Jepang"
Pemurnian Air Limbah Dengan Keramik

photophoto
(Kanan) Elemen Membran Keramik

Sebuah sistem untuk memurnikan air limbah dengan menggunakan keramik telah dikembangkan di Jepang. Dengan sistem ini, air limbah bisa dengan cepat di ubah menjadi air yang jernih dan sangat sehat. Kami akan mengulas soal sistem daur ulang air limbah ini yang bisa memberi kontribusi kepada Cina, negara-negara Timur Tengah dan negara lainya yang menghadapi masalah kekurangan air.

"Belajar Bahasa Jepang"
Selasa
2 Februari
"Fokus Radio Jepang"
Ketertarikan Anak Muda Myanmar pada Aikido

photophoto
(Kiri) Sekolah Aikido Cabang Ibaraki

Aikido, sebuah seni bela diri tradisional Jepang yang mampu menguatkan tubuh dan jiwa, telah menyebar ke seluruh dunia. Bela diri ini diperkenalkan di Myanmar lebih dari setengah abad lalu, tepatnya di tahun 1953. Saat ini sejumlah anak muda dari Myanmar berlatih aikido di Jepang agar dapat mengajarkan keahlian dan filsafat bela diri tersebut di negaranya. Kami akan mengulas tentang sejarah dan kondisi aikido di Myanmar saat ini.

Pojok Tamatebako
Rabu
3 Februari
"Nippon Q & A"
Ceritakan Tentang Boneka-Boneka Daruma

photo
Boneka Daruma

Setiap Rabu, kami menjawab berbagai pertanyaan tentang Jepang dari para pendengar di seluruh dunia. Kali ini kami menerima pertanyaan tentang boneka Daruma. Seorang siswa SMU di Indonesia tertarik pada boneka-boneka Daruma ini yang dikenal luas sebagai pembawa keberuntungan. Kami akan perkenalkan berbagai kegiatan dimana Daruma ternyata masih memainkan peranan aktif di jaman modern seperti saat ini.

"Legenda Dari Jepang"
Someko dan Raksasa Oni karya Ryuusuke Saitoo

"Belajar Bahasa Jepang"
Kamis
4 Februari
"Melintasi Garis Perbatasan"
Eriko Watanabe dan Pengalamannya Mengajar Seni Menjahit Kimono di Vietnam

photophoto
(Kiri) Eriko Watanabe
(Kanan) Pabrik Penjahitan Kimono di Kota Ho Chi Minh

Sekitar 70 persen kimono tradisional Jepang kini dijahit di luar negeri. Seorang wanita Jepang telah memberi kontribusi mengubah Vietnam menjadi sebuah pusat penjahitan kimono yang besar, dengan cara mengajarkan seni menjahit kepada warga Vietnam. Kami akan laporkan tentang kegiatannya itu.

"Tanggapan Dotchi"
Jumat
5 Februari
"Fokus Radio Jepang"
Mewarisi Semangat Ibu Terersa: Wawancara dengan Sutradara Film Shigeki Chiba.

photophoto
(Kiri) Ibu Teresa, foto oleh Daughters of St. Paul, Jepang
(Kanan) Sutradara Shigeki Chiba

Tahun ini menandai 100 tahun kelahiran Ibu Teresa yang telah mengabdikan hidupnya bagi masyarakat miskin. Apa pesannya yang masih terus disampaikan hingga kini? Bagaimana filosofinya bisa tetap diteruskan di Jepang? Sutradara Film Shigeki Chiba pernah bertemu dan membuat film dokumenter tentang Ibu Teresa. Kami mewawancarai sang sutradara itu, serta menyoroti karya terbarunya yang mengingatkan kita pada warisan dan pesan Ibu Teresa.

"Belajar Bahasa Jepang"
Sabtu
6 Pebruari
"Mari Menyanyi"
Ai No Kisetsu - Angela Aki

photo
(Kanan) Pelatih Vokal Kooshoo Sugie

Pada Sabtu pertama setiap bulannya, kami mengajak anda belajar menyanyikan sebuah lagu pop Jepang. Lagu untuk bulan Februari ini adalah Ai No Kisetsu, yang berarti Musim Cinta, oleh Angela Aki. Yang akan ikut belajar menyanyi bersama kita kali ini adalah penyiar Bahasa Vietnam, Nguen Thu Hang.

"J-Pop Pekan Ini"
Pilihan lagu-lau

Tidak ada komentar: