Sabtu, 30 Januari 2010

Komputer Tablet Trend 2010

Komputer Tablet yang diidam-idamkan 

2010-01-28 
Komputer Tablet buatan Perusahaan Apple Amerika Serikat
Pada tanggal 27 Januari, Perusahaan Apple Amerika Serikat secara resmi meluncurkan produk baru mereka, komputer tablet iPad. Dalam kesempatan itu, Perusahaan Apple dengan bangga mengumumkan keberhasilan mereka, seperti halnya produk iPod pada tahun 2001 dan iPhone pada tahun 2007. Mengapa komputer tablet menarik perhatian khusus dari kalangan industri Informasi Teknologi, TI?


Apa itu komputer tablet ?
Arti tablet dalam istilah ini adalah papan tulis. Program Tablet dapat menciptakan imaji pada monitor komputer, sesuai dengan gambar yang dilukiskan oleh pena tanpa kabel. Fungsi komputer tablet hampir sama dengan WebPad, tetapi kecepatan pengoperasian komputer tablet lebih tinggi dari pada PDA, karena menerapkan program Windows. Komputer tablet dapat digunakan layaknya buku tulis atau Note Book komputer dengan menggunakan papan ketik. Namun demikian, konsumsi listrik yang tinggi dan berat menjadi kelemahan komputer tablet selama ini. Komputer tablet dikembangkan oleh Bill Gates, setelah dia mengundurkan diri dari jabatan CEO Microsoft Corporation pada bulan Januari tahun 2000 lalu. Sebelumnya Bill Gates terus meyakinkan akan datangnya era kejayaan komputer tablet dalam waktu tidak lama lagi. Untuk meningkatkan fungsi komputer, komputer tablet dipasangi tombol masukan di bagian luar, untuk memudahkan pilihan program dan proses akses sesuai dengan keinginan penggunanya. Pada awal tahun 2000 lalu, sejumlah besar perusahaan manufaktur komputer, termasuk Compaq, Toshiba dan HP bersaing keras untuk memasarkan komputer tablet, tapi hasilnya tidak memuaskan akibat tingginya harga penjualan dan kesulitan proses pengoperasiannya.


Apa sebabnya komputer tablet muncul kembali ?
Pengembangan teknologi dan perubahan zaman merupakan pendorong utama untuk bangkitnya kembali komputer tablet. Dalam tahap pengembangan awal, komputer tablet belum mampu memasukkan tulisan secara teliti, sehinga mengakibatkan kurang diminati. Tetapi, dengan pengembangan teknologi layar sentuh seperti halnya iPhone, komputer tablet akhirnya dapat dipakai tanpa kesalahan. Ditambah lagi, pengembangan teknologi CPU dan baterai, mampu meningkatkan fungsi komputer tablet. Dalam suatu pertemuan baru-baru ini, CEO Perusahaan Microsoft Corporation, Steven Anthony Ballmer meramalkan datangnya era komputer tanpa papan ketik. Dengan kata lain, komputer tablet yang dipasangi layar sentuh, membuka era komputer tanpa papan ketik. Komputer tablet dapat digunakan hanya dengan sentuhan jari tangan secara langsung pada layar monitor. Munculnya komputer tablet membuat kalangan produsen Teknologi Informasi, TI akan terus memusatkan perhatian khusus pada jenis komputer ini.


Tablet komputer, tren TI dalam tahun 2010
Dalam film “Harry Potter”, kita dapat menyaksikan ‘Koran Nujuman’ yang memuat berbagai kabar tentang dunia sihir. Apabila mata pembaca melihat foto yang dimuat dalam koran itu, foto itu langsung menjadi bergerak. Hal ini akan segera terwujud dalam program komputer tablet. Karena komputer tablet dapat mengubah konten media cetak menjadi konten multi media dengan cara mobilisasi, internet tanpa kabel, multi-sentuhan dan definisi tinggi. Smartphone nampaknya masih terlalu kecil untuk melakukan websurfing atau menonton video, sedangkan Note Book dan Netbook terlalu berat untuk dibawa ke mana-mana. Tetapi, komputer tablet mempunyai layar relatif lebih besar dan lebih ringan untuk dapat menyaksikan konten 3 dimensi. Ditambah lagi, kemampuan komputer tablet dapat menghemat waktu penggunanya secara efisien. Komputer tablet kini muncul sebagai barang baru yang akan meniupkan angin segar di dunia teknologi informasi, TI dalam tahun 2010 ini.

Tidak ada komentar: