Sabtu, 30 Januari 2010

Jawaban Sayembara VOV 2010


Jawaban Sayembara Radio Suara Vietnam  Tahun 2010

1.       Prestasi-prestasi menonjol yang dicapai Vietnam tahun 2009 :
a.       Bidang ekonomi
Perekonomian Vietnam saat ini sangat berkembang pesat dari tahun ke tahun dimana sector perdagangan merupakan sector terpenting bagi roda ekonomi Vietnam, di dukung dengan struktur ekonomi penting lainnya yaitu di bidang perbankan, pertanian, pariwisata, infrastruktur dan industry. Keberhasilan ini dapat saya jabarkan sebagai berikut :
-          Perdagangan ( eksport dan import ) ; Vietnam berhasil melakukan ekspor tahun 2009 sebesar 26,6 juta dollar AS dengan berbagai produk unggulan Vietnam
-          Perbankan ; Vietnam berhasil menyerap modal asing FDB sehingga menjadikan Vietnam merupakan salah satu Negara primer penyerap modal tertinggi di Asia walaupun kita tahu beberapa tahun ini Asia dan Dunia terkena imbas krisis ekonomi global. Namun Vietnam mampu memberikan kepercayaan dunia bahwa Vietnam adalah Negara teraman bagi investor dunia.
-          Pertanian ; Vietnam berhasil meningkatkan produksi beras Tanah Air sehingga ekspor beras juga mengalami peningkatan.
-          Pariwisata ; Vietnam berhasil mejalankan program wisata yang efisien dan efektif yaitu “program 3 negara 1 destinasi”, dimana Vietnam menonjolkan wisata bahari, Laos menonjolkan wisata alam dan Kamboja menonjolkan wisata kebudayaan. Inilah program yang membuat saya terharu atas terobosan Vietnam dalam melakukan pelayanan wisata yang khas di dunia. Selain itu juga Vietnam terus mengembangkan potensi daerah wisata dengan strategi pariwisata dengan tujuan mensejahterakan rakyatnya.
-          Industry ; Vietnam berhasil melakukan ekspor barang industry Sepatu dan kain ke berbagai Negara tujuan seperti Mexico, Brazil, dan Negara lainnya. Selain itu juga Vietnam berhasil mempromosikan program “mari gunakan produk dalam negeri Vietnam”
-          Insfrastruktur ; Vietnam berhasil membangun insfrastruktur penting seperti pembangunan jalan hingga ke pelosok daerah, mengembangkan listrik tenaga surya, membangun pembangkit tenaga listrik terbesar,
-          Vietnam menjadi anggota World Trade Organization
b.       Bidang politik dan hubungan luar negeri
Saya salut akan kebijakan luar negeri Vietnam dan garis politik yang di anut Vietnam dengan motto “Kemerdekaan, Kebebasan, Kebahagian” sehingga banyak Negara dunia menjalin hubungan kerjasama bilateral maupun multilateral dengan Vietnam. Keberhasilan yang dicapai adalah:
-          Menjadi Ketua Dewan Keamanan PBB
-          Menjadi Ketua ASEAN 2010
-          Menjadi bagian penting dari KTT perubahan iklim di Kopenhagen, Denmark dimana Vietnam mendukung perubahan iklim dengan mengesahkan UU Perubahan Iklim.
-          Menjadi penggagas pertemuan segitiga kawasan perbatasan antara Vietnam, Laos dan Kamboja
-          Menjalin hubungan kerjasama dengan berbagai Negara untuk melakukan kerjasama investasi dengan Denmark, Rusia, Afrika, Jepang, Korea, Amerika Serikat, India, Indonesia, dan Negara lainnya
-          Menjadi salah satu Negara teraman di dunia, hal ini adalah imbas dari kestabilan politik Vietnam dengan terus berupaya menjaga keamanan negaranya.
c.        Bidang seni dan kebudayaan
Vietnam sangat kaya akan khasanah seni dan budayanya dimana banyak obyek peninggalan sejarah yang masih terpelihara dan dilestarikan dengan baik oleh masyarakat  Vietnam. Keberhasilan pemerintah dan rakyat Vietnam untuk menjaga dan melestarikannya adalah :
-          Kementerian Kebudayaan, Olah Raga dan Pariwisata Vietnam telah berhasil mempertahankan wadah yang mengelola Seni dan Budaya dengan membentuk pengurus seni rupa Vietnam untuk masa bakti 2009-2014 dengan tujuan memberikan inisiatif pemuda Vietnam untuk berkarya melalui wadah yang dibentuk dan melestarikannya.
-          Pemerintah dan rakyat Vietnam memperingati hari bersejarah bagi cagar budaya yang telah mendapat pengakuan UNESCO seperti upacara ke 15 tahun Teluk Ha Long, ulang tahun ke 1000 Thang Long Hanoi.
-          Melestarikan dan menggali seni yang memiliki potensi untuk mendapat pengakuan UNESCO seperti seni nyanyian Suan 
-          Vietnam berhasil menyelenggarakan Indoor Para Games dengan Juara Umum peringkat kedua
-          Vietnam berhasil membina atlet-atletnya untuk memberikan prestasi terbaiknya di semua event kawasan Asia maupun dunia, hal ini dibuktikannya dalam SEA GAMES ke 25 LAOS mendapat peringkat kedua dengan 83 medali emas, yang hanya selisih 3 medali emas dari peringkat pertama.

d.       Jaring pengaman social
-          Vietnam berhasil mencanangkan 15 proyek jarring pengaman social Vietnam diantaranya menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya, menurunkan suku bunga, program asuransi kesehatan, memberikan dana talangan, membebaskan pajak pertanian dan melakukan stimulasi.
-          Vietnam berhasil meluncurkan gerakan “Rumah Kasih Sayang” di daerah perbatasan dimana program ini melibatkan tentara perbatasan untuk membantu kaum miskin dalam mendirikan rumah mereka dengan bantuan pemerintah Vietnam. Saya cukup salut akan kegigihan pemerintah Vietnam dalam meningkatkan kesejahteraan rakyatnya untuk mendapat predikat hidup yang layak serta kesetaraan  dalam pelayanan public dan kesempatan memperoleh hak yang sama dari pemerintah.

e.        Pengentasan kemiskinan
Saya salut akan keberhasilan Vietnam dalam melaksanakan program pengentasan kemiskinan dan kelaparan, dimana pemerintah Vietnam dan partai komunis Vietnam mengeluarkan “Resolusi 30 A” yang merupakan garis politik partai komunis Vietnam dalam memperbaiki kehidupan rakyat Vietnam, mempersempit kesenjangan taraf hidup antar daerah, memberantas kelaparan dan kemiskinan secara berkesinambungan dengan program jangka panjang untuk pemerataan kesejahteraan rakyat Vietnam.
Seperti yang saya ketahui bahwa Vietnam telah berhasil mengurangi angka kemiskinan di berbagai kabupaten miskin. Resolusi 30 A dilaksanakan dengan penuh konsisten dan komitmen yang tinggi oleh pemerintah Vietnam, dimana program ini mampu mempercepat pengurangan angka kemiskinan. Dengan menciptakan lapangan kerja, memberantas buta aksara, mendidik kejuruan dengan menghasilkan tenaga siap pakai, saya yakin apa yang diinginkan pemerintah Vietnam untuk mensejahterakan rakyatnya akan segera tercapai. Hal terpenting dalam mempercepat kemajuan suatu daerah adalah membangun infrastruktur hingga ke pelosok daerah, hal ini yang membuat Vietnam berhasil dengan cepat mengurangi angka kemiskinan hingga 40 %.  Program ini didasari dengan komitmen yang kuat baik dari pemerintah maupun rakyat Vietnam dibuktikan dengan : langkah konkrit pemerintah mengucurkan 10 trilyun Dong VN bagi rakyat miskin sehingga saya melihat “pemerintah sangat berpihak kepada rakyat” yaitu 1) memberikan pinjaman lunak kepada 62.000 keluarga miskin sebanyak 5 juta VND dengan bunga 0 % ; 2) membangun 59.000 buah rumah untuk penduduk miskin ; 3) memberikan bantuan kandang ternak sebanyak 16.000 unit ; Dengan Resolusi 30 A ini diharapkan benar-benar membawa perubahan mendasar bagi kesejahteraan dan kemakmuran rakyat Vietnam.
2.       Aktivitas dan andil Vietnam dalam Dewan Keamanan PBB selama menjabat Ketua Dewan Keamanan PBB
-          Vietnam berhasil memanifestasikan secara baik peranannya dalam sidang-sidang penting PBB dalam hal keamanan dan menyelesaikan resolusi yang telah diratifikasi oleh Dewan Keamanan PBB.
-          Vietnam mampu memposisikan diriya sendiri dalam menyelesaikan pekerjaannya untuk mencapai kesepakatan serta mendorong kuat saling pengertian dalam perdamaian dunia
-          Kehadiran dan manifestasi peranan Vietnam dalam perdamaian dunia guna memperkokoh posisi Vietnam di dunia Internasional.
-          Langkah konkrit yang dilakukan Vietnam selama ini adalah : 1) reunifikasi dua Korea ; 2) pelucutan senjata nuklir demi  tujuan damai ; 3) menjembatani masalah nuklir Iran ; 4) menyelidiki pelaku terror di Afganistan ; 5) mendorong perdamaian di Afganistan ; 6) Menggagas untuk menggunakan energy nuklir hanya untuk tujuan damai demi keamanan umat manusia.

3.       Jumlah obyek peninggalan yang saya ketahui yakni diakui UNESCO sebagai warisan budaya kebendaan dan bukan kebendaan adalah 7 buah diantaranya :
a. Situs Warisan  kuno Kota Hoi An ( warisan benda budaya )
b. Monumen Hue ( warisan benda budaya )
c. My Son Sanctuary ( warisan benda budaya )
d. Ha Long Bay ( warisan alam )
e. Phong Nha Ke Bang National Park ( warisan alam )
f. Lagu Kon Hock ( warisan bukan kebendaan )
g. Warisan budaya Thang Long Hanoi ( warisan benda budaya )

4.       Kota Hanoi yang saya ketahui adalah pusat sejarah, politik, ekonomi, pendidikan dan kebudayaan terpenting Vietnam dimana Kota Hanoi menjadi sentralisasi kota dari berbagai wilayah Vietnam, menjadi kristalisasi budaya Vietnam hingga mendapat pengakuan UNESCO menjadi warisan budaya dunia dan dengan gelar “Kota Demi Perdamaian”. Dalam memasuki Ulang Tahun ke 1000 tepatnya tanggal 10 Oktober 2010, maka Kota Hanoi saat ini menjadi Top Destination Dunia 2010.
Faktor-faktor yang membantu Kota Hanoi mendapat gelar “Kota Demi Perdamaian” adalah :
a.       Kota Hanoi merupakan salah satu kota yang paling aman di dunia sehingga Kota Hanoi dijadikan parameter bagi pengusaha asing yang akan melakukan investasi di Vietnam.
b.       Kota Hanoi merupakan bumi heroik, dimana di kota ini banyak melahirkan pejuang-pejuang yang tangguh dalam mengusir aggressor kolonis Perancis, aggressor tentara Amerika sehingga di kota ini banyak dijumpai situs peninggalan sejarah dan budaya yang melambangkan perdamaian Vietnam.

5.       Hal-hal baru dan perkembangan yang dialami oleh Radio Suara Vietnam adalah :
Pelayanan kepada Pendengar :
a.       Radio Suara Vietnam telah menyediakan alamat perwakilannya di Indonesia yang sangat membantu pendengar setianya untuk terus mengirim surat ke redaksi, dimana saya tahu dulu Radio Suara Vietnam  hanya menyediakan alamat surat di Vietnam.
b.       Radio Suara Vietnam terus meng- up date diri dengan membuka layanan internet yaitu membuka pelayanan melalui surat elektronik (email) dimana perkembangan dunia saat ini mau tidak mau hal ini harus dilakukan Radio Suara Vietnam.
c.        Radio Suara Vietnam terus memberikan kemudahan bagi pendengarnya yaitu membuka layanan Handphone yaitu menyediakan hotline service SMS ( short messaging service ) dimana kita ketahui bersama bahwa hampir 90 % pendengar radio memiliki handphone.
d.       Ketiga kemudahan layanan ini membuat saya terharu akan keinginan Radio Suara Vietnam untuk selalu mendekatkan dirinya kepada pendengar baik melalui udara maupun darat, dan ini semua adalah sebuah karya nyata yang sangat dan perlu dihargai.
Penyiaran :
a.       Dalam hal penyiaran, saya merasakan bahwa isi acara sangat bervariasi dengan menampilkan mata acara yang tidak monoton, di sela acara diselingi dengan musik-musik  khas Vietnam  sehingga pendengar tidak jenuh akan program penyiaran yang disajikan dengan menampilkan berita terhangat tentang Vietnam, ASEAN dan berita Internasional.
b.       Radio Suara Vietnam melakukan kerjasama dengan komite orang Vietnam di Luar Negeri guna memperkuat informasi tentang Vietnam dan koordinasi dengan pekerja Vietnam di Luar Negeri dengan penyiaran yang dibutuhkan.
c.        Radio Suara Vietnam memperluas jaringan gelombang pemantauan untuk mendukung program Majelis Nasional

Pengirim :
Nama                     : _________________________
Umur                      : _______ Tahun
Alamat rumah     : __________________________________________________________________________
 Alamat email      : ___________________________
Pekerjaan              : ___________________________
Passport                 : ___________________________ (jika ada)

@Copy right by Borneo Listeners Club

Tidak ada komentar: