Sabtu, 04 September 2010

VOA KHMER SERVICE MERAYAKAN ULANG TAHUN KE 55 SIARAN PERTAMA

Washington, D.C., August 16, 2010 - VOA Khmer Service menandai ulang tahun ke-55-nya, dengan para penyiar veteran mengingat peristiwa penting yang membentuk berita pada tahun-tahun itu, dari Perang Vietnam sampai genosida rezim Khmer Merah dan lahirnya monarki konstitusional. Khen Chen, yang pensiun pada 2007 mengatakan 45 tahun dari karirnya, “saya sangat bangga bekerja untuk VOA Khmer, ada sesuatu yang baru setiap hari, itu adalah sebuah berkah.”

Pada tahun-tahun pertamanya, Chen mengatakan hampir setiap warta berita Khmer Service didominasi keterlibatan AS dalam Perang Vietnam. Pada 1975 Khmer Merah merebut kekuasaan dan VOA melaporkan hari-hari paling suram dalam sejarah Kamboja, genosida dan kelaparan membiarkan satu sampai tiga juta orang mati, sebuah periode yang melihat lahirnya istilah “ladang pembunuhan.”

Chen adalah pelajar di sebuah sekolah tinggi khusus perempuan di Phnom Penh Kamboja ketika ia melihat iklan pekerjaan untuk Voice of America pada 1962 dan memulai karir seumur hidup bersiaran ke tanah airnya.

Selama penampilan Chen di radio show hari Senin, pendengar menelepon (mereka) bergetar mendengar kembali suaranya di udara. “Ang Khen (nama Chen di udara) adalah tokoh yang begitu terkenal.” kata pembawa acara Sothearith Im, “hebat dia dapat merayakan bersama kita.” 

Walaupun VOA Khmer pertama kali mengudara pada Agustus 1955, siarannya dihentikan setelah beberapa bulan dan dimulai lagi pada 1962. Sejak saat itu, Direktur VOA Danforth W. Austin mengatakan, “Khmer Service terus menjadi sumber informasi terpercaya di wilayah itu dan dunia bagi orang Kamboja.” Sekarang para staf mencapai jutaan orang melalui radio, televisi dan internet. 

Kunjungi website Khmer Service dalam bahasa Inggris di http://www1.voanews.com/khmer-english/news/
(Sumber: VOA Press Release)

Tidak ada komentar: