Jumat, 24 September 2010

Programa Radio Jepang NHK 25 September - 1 Okt 2010


Sabtu
25 Setptember
"Instrumen Jepang"
Gendang Taiko

Pada Sabtu terakhir setiap bulannya, kami memperkenalkan anda pada daya tarik instrument tradisional Jepang. Untuk bulan September dan Oktober, kami akan perkenalkan anda pada Wadaiko atau gendang ala Jepang. Untuk bagian pertama kami mengajak anda menikmati irama gendang Taiko yang sering terdengar di festival-festival dan acara-acara tradisional setempat.

"J-pop Pekan Ini"
Kami akan memutarkan tiga lagu yang tengah populer di Jepang pekan ini beserta informasi seputar penyanyi dan lagunya.
Minggu
26 September
"Halo dari Tokyo"

photo

Setiap hari Minggu, kami membacakan surat dan menjawab pertanyaan, serta memutarkan lagu-lagu permintaan pendengar.
Senin
27 September
"Fokus Radio Jepang"
Tokyo Sky Tree: Menara Tertinggi di Dunia Yang Memanfaatkan Struktur Bangunan Tradisional Tahan Gempa

photophoto
Sky Tree ini akan menjadi menara tertinggi di dunia saat pembangunannya rampung tahun 2011.
Foto: Tobu Tower Sky Tree Co.,LTD

photophoto
(Kiri) Fondasi bawah tanah dengan bagian yang menonjol ke luar untuk menopang menara
(Kanan) Bagian 'Shimbashira' atau tiang tengah yang diberi warna biru pada gambar di atas, di disain untuk mengurangi guncangan dari menara tersebut. Foto: Obayashi Corporation.

Menara pemancar Tokyo Sky Tree yang kini tengah di bangun akan menjadi menara tertinggi di dunia. Kami akan laporkan tentang teknologi arsitekturnya, yang di adaptasi dari disain tradisional Jepang yang biasa ditemui pada tiang utama pagoda bertingkat lima di Jepang.

"Belajar Bahasa Jepang"
Selasa
28 September
"Menelusuri Kembali Jepang"
Perubahan Dalam Upacara Pemakaman di Jepang

photophoto
(Kiri) Tempat pemakaman yang dikelola oleh Kota Yokohama ini memiliki pepohonan yang ditanam di bawah tempat abu jenazah dikuburkan
(Kanan) Pemakaman umum yang dikelola bersama oleh Kuil Eisei dan organisasi nirlaba Koen no Sato atau "Desa Tempat Manusia Berhubungan Baik"

Semakin banyak saja orang Jepang yang sejak awal sudah merencanakan bentuk upacara pemakaman mereka sendiri, serta seperti apa bentuk makam mereka nantinya. Beberapa bahkan ada yang sampai menggelar upacara pemakaman saat mereka masih hidup. Motivasi mereka macam-macam. Ada yang ingin agar upacara pemakaman mereka kelak menjadi unik, ada juga yang berharap kelak ada yang mendoakan arwah mereka walaupun mereka tidak punya anak yang akan mengurus makam mereka. Kami akan sampaikan laporan tentang bagaimana orang-orang di Jepang mulai mencari cara-cara baru dalam upacara pemakaman dan bentuk makam mereka kelak.
Rabu
29 September
"Lanskap Suara"
Sumo Menangis di Hanamaki

photo
Asosiasi Pariwisata Hanamaki

Para bayi ikut serta dalam sebuah ritual Shinto yang sudah berabad-abad lamanya, sebagai bentuk doa bagi kesehatan mereka.

"Kuis Belajar Bahasa Jepang - Bagian 6"

photo

Mari kembali kita kaji kembali beberapa ungkapan yang pernah disampaikan dalam acara Belajar Bahasa Jepang, yang disampaikan dalam bentuk kuis.

"Nippon Q & A"
'Patung Kucing Memanggil' atau Manekineko

Pekan ini kami akan menjawab surat seorang pendengar dari Indonesia: "Mengapa sering ada patung kucing di toko-toko di Jepang? Apa gunanya?". Nantikan jawabannya di acara Nippon Q&A.

"Belajar Bahasa Jepang"
Kamis
30 September
"Fokus Radio Jepang"
Hidup di Kamp Pengungsian

photophoto
(Kiri) Anak-anak Pengungsi
(Kanan) Sutradara film dokumenter Riyo Naoi

Sutradara film Jepang, Riyo Naoi memproduksi sebuah film dokumenter tentang seorang anak berusia 14 tahun dari etnis Minoritas Karen di Myanmar, yang dibesarkan dalam kamp pengungsi dekat perbatasan Myanmar dan Thailand. Film berjudul "Our Life" ini akan ditayangkan di Tokyo pada bulan Oktober. Kita akan simak penuturan Naoi tentang mimpi dan perasaan anak-anak di kamp pengungsi itu.
Jumat
1 Oktober
"Fokus Radio Jepang"
Melawan Penderitaan Lewat Musik

photo

Para pengungsi muda yang hidup di sebuah kamp di Kenya ikut ambil bagian dalam sebuah kompetisi musik dan mengungkapkan perasaan mereka dengan lagu. Kami akan laporkan tentang 'Camp Beat Project' yang digelar untuk memberikan harapan kepada anak-anak muda ini.

"Belajar Bahasa Jepang"

Tidak ada komentar: