Jumat, 24 September 2010

BBC Burmese marks 70 years on the air

BBC World Service press release, 1 September 2010:
“BBC bahasa Birma menandai 70 tahun di udara dengan roadshow di Mae Sot, Thailand―rumah bagi puluhan ribu migran politik dan ekonomi dari Birma. Sebagai bagian dari acara khusus hari ini, pada malam peringatan, di kota perbatasan antara Birma dan Thailand BBC bahasa Birma meluncurkan newsletter bulanan baru yang disesuaikan untuk ekspatriat Birma yang berbasis di Mae Sot. ... BBC bahasa Birma diluncurkan pada 2 September 1940 dan sejak itu telah melaporkan semua peristiwa penting di Birma. Menurut survei layanan tersebut memiliki audiens mingguan 8,4 juta pendengar di Birma, menjangkau 22,9 persen populasi negara itu. Survei independen juga menunjukkan BBC bahasa Birma telah menjadikan diri sebagai lembaga penyiaran internasional terpercaya di Birma.”

BBC News, 2 September 2010, Bethan Jinkinson:
“Setiap jurnalis di Birma ingin bekerja untuk BBC, kata produser Moe Myint salah satu anggota tim termuda. Tak seorangpun dapat bersaing dalam hal audiens atau reputasi. Tapi bagi mereka yang bekerja untuk BBC, ada harga personal. Moe Myint mengatakan kapan saja mereka kembali ke Birma dia diikuti oleh pihak berwenang kemanapun saya pergi.”

Mizzima, 2 September 2010, Ko Wild:
“Hanya setelah BBC bahasa Birma diluncurkan, stasiun siaran fasis yang dipimpin Thi dari Tokyo dan Thakhin Tun Oak dan All India Broadcasting service yang dijalankan Than dan Mya Sein diluncurkan untuk siaran dalam bahasa Birma juga.”
(Sumber: Kim Andrew Elliott reporting on International Broadcasting www.kimandrewelliott.com)

Tidak ada komentar: