Kamis, 25 Februari 2010

RADIO NETHERLANDS WORLDWIDE




A Brief History: 
Radio Netherlands Worldwide Foundation dimulai pada 15 April 1947 dengan siaran radio dalam bahasa Belanda, Inggris, Indonesia dan Spanyol. The Radio Netherlands  Training Centre (RNTC) dibuka pada 1969. Departemen televisi dimulai pada 1960 untuk mendistribusikan program tv berbahasa Belanda ke luar negeri. Sejak tahun 1990 departemen tersebut berkontribusi secara mingguan ke CNN. BVN dibentuk pada 1998 yang merupakan kerjasama Belanda dan Flemish public broadcasting system. BVN adalah stasiun tv untuk orang berbahasa Belanda di luar negeri dan tersedia di seluruh dunia. Dalam tahun 1990an RNW memperluas aktifitasnya ke bidang media baru. Pada 1995 website pertama berbahasa Belanda diluncurkan, kini ada 15 situs dalam 9 bahasa. Perkembangan paling baru adalah pendistribusian acara melalui jaringan mobile dan podcasting. Hasilnya, pemilik PDA dan MP3 player dimanapun memiliki akses ke siaran RNW.
 

RNW today:
Bertahun-tahun sudah RNW menjadi organisasi penyiaran multimedia yang menyediakan berita, informasi dan kebudayaan bagi jutaan orang di seluruh dunia.

RNW:
- memiliki staf dari sekitar 40 negara yang membuat program radio dan televisi setiap hari yang menjangkau puluhan juta orang di seluruh dunia. 
- Aktif dalam 10 bahasa: Belanda, Inggris, Indonesia, Spanyol, Portugis, Arab, Perancis, Sarnami, Papiamento dan China. 
- Bekerja dengan korespondennya dari seluruh dunia dan memiliki kantor di berbagai lokasi termasuk Brussels, Madagascar, Benin, Bonaire, Costa Rica dan New York. 
- Bekerja dengan lebih dari 3000 stasiun mitra. 
- Mempunyai 15 situs internet dalam 9 bahasa.
- Menjangkau 700.000 pemirsa berbahasa Belanda di negara lain melalui channel tv BVN. 
- Menjangkau sekitar 25 persen orang belanda yang berlibur di Eropa pada bulan-bulan musim panas. 
- Melatih sekitar 1000 personil broadcaster setiap tahun dari negara-negara dengan akses informasi terbatas.

Radio Netherlands Worldwide tumbuh menjadi satu dari lima badan penyiaran publik internasional yang paling berpengaruh di dunia. Kami bermaksud memperkuat posisi tersebut di masa depan dengan investasi dalam teknologi serta program yang baru. RNW terus mencari cara pelayanan lebih baik untuk audiens dan menjangkau target baru.

(Sumber: brosur RNW dari Karen van Lierop yg diterima pd 24 February/red_java)

Tidak ada komentar: