Jumat, 19 Februari 2010

Programa Radio Jepang 20 - 26 Pebr 2010


Sabtu
20 Februari
"Pojok Tamatebako"

photophoto
(Kiri) Ketua Yayasan Sulam Indonesia, Triesna Jero Wacik
(Kanan) Pemain Sasando, Jacko H.A. Bullan

Akhir pekan lalu Yayasan Sulam Indonesia dan Kedutaan Besar Indonesia di Tokyo menyelenggarakan pameran seni dan peragaan busana bertajuk Colors of Indonesia. Acara ini dihadiri para duta besar negara-negara ASEAN. Kami akan mengupas kegiatan ini lewat perbincangan dengan Ketua Yayasan Sulam Indonesia, Ibu Triesna Wacik yang dirangkai dengan perbincangan dengan pemain Sasando Bung Jack tentang upaya pelestarian alat musik khas Nusa Tenggara Timur itu.
Minggu
21 Februari
"Halo dari Tokyo"

photo

Setiap hari Minggu, kami membacakan surat dan menjawab pertanyaan, serta memutarkan lagu-lagu permintaan pendengar.
Senin
22 Februari
"Fokus Radio Jepang"
Elevator Tercepat di Dunia

photophoto
(Kiri) Menara penguji elevator milik Hitachi yang akan rampung pembangunannya pada bulan April * tertutup untuk umum
(Kanan) Penyerap getaran yang baru dikembangkan yang disebut "Active Guide Roller"

Di saat berbagai gedung pencakar langit setinggi lebih dari 500 meter tengah dibangun di seluruh dunia, persaingan dalam menciptakan elevator berkecepatan tinggi pun meningkat. Kami akan melaporkan tantangan-tantangan apa saja yang dihadapi sebuah perusahaan Jepang yang juga tengah berusaha mengembangkan elevator tercepat di dunia yang mampu mencapai kecepatan hingga 64 km/jam.

"Belajar Bahasa Jepang"
Selasa
23 Februari
"Fokus Radio Jepang"
Pencelupan Berpola Tradisional Jepang pada Kain-kain Asia: Seniman Chieko Tsuda

photophoto
(Kiri) Chieko Tsuda
(Kanan) Pencelupan Berpola (Katazome)

photophoto
(Kiri) Membuat tekanan lumpur dengan sebuah balok kayu
(Kanan) Pencetakan tahan lumpur

Seniman Chieko Tsuda mencelup kain-kain dari kawasan Asia dengan menggunakan pencelupan berpola tradisional Jepang. Ia menggunakan berbagai jenis bahan yang dibuat di India, China, Myanmar dan kawasan lain di Asia. Awal bulan ini ia menyewa sebuah studio pencelupan di India untuk ia gunakan mencelup kain-kain menggunakan teknik India yang digabungkan dengan tekniknya sendiri. Kami akan laporkan kegiatannya di India itu.

Pojok Tamatebako
Rabu
24 Februari
"Nippon Q & A"
Tentang Hideyo Noguchi, seorang ahli bakteri terkemuka Jepang

Setiap Rabu, kami menjawab berbagai pertanyaan tentang Jepang dari para pendengar di seluruh dunia. Kali ini kami menghadirkan bagian kedua yang menjawab pertanyaan seorang pendengar di Myanmar yang tengah membaca biografi Dr. Hideyo Noguchi. Kali ini kami akan ceritakan tentang kehidupan tragis pakar bakteri terkenal dunia itu, yang meninggal di Afrika dalam usia 51 tahun setelah terkena demam kuning. Kami juga akan memperkenalkan sebuah gerakan yang bermula di abad ke 21 yang merupakan penerus warisan Dr. Noguchi.

"Legenda Dari Jepang"
Sang Pembohong Besar

"Belajar Bahasa Jepang"
Kamis
25 Februari
"Menelusuri Kembali Jepang"
Jepang - Negeri Sepeda Yang Besar

photophoto
(Kiri) Penyiar bahasa Rusia, Oleg Vyssotchine menggunakan sebuah sepeda komunitas
(Kanan) Sebuah sepeda yang diproduksi di Jepang sekitar tahun 1877 (sumber foto: Pusat Budaya Sepeda)

Di Jepang, sepeda digunakan untuk berbagai keperluan seperti untuk bolak-balik ke kantor atau sekolah, untuk hiburan dan juga olahraga. Baru-baru ini sepeda juga banyak menjadi perhatian karena ramah lingkungan dan karena tidak menggunakan bensin atau bahan bakar lainnya. Penyiar siaran Rusia, Oleg Vyssotchine akan melaporkan tentang sepeda di Jepang, termasuk sejarah dan kegunaannya yang unik.

"Tanggapan Dotchi"
Jumat
26 Februari
"Fokus Radio Jepang"
Hidup Dengan Air, Melindungi Air

Selama bergenerasi-generasi, orang Jepang memiliki penghargaan terhadap air alam. Kami mengajak anda melihat orang-orang yang memiliki dedikasi penuh dalam menjaga kebersihan air tanah, dengan menampilkan sungai pegunungan di sepanjang kawasan penanaman Wasabi di kota Izu dan sumber mata air di kaki pegunungan Tanzawa di kota Hadano.

"Belajar Bahasa Jepang"

Tidak ada komentar: