Senin, 24 Oktober 2011

UNESCO Mengusulkan Hari Radio Sedunia


Baru-baru ini dewan eksekutif UNESCO menyetujui sebuah pernyataan untuk penetapan Hari Radio Sedunia pada 13 Februari (sebagai penghargaan bahwa pada hari itu PBB menyusun konsep Radio PBB).
Sasaran perayaan tahunan tersebut antara lain:

1.       Meningkatkan pemahaman di kalangan publik dan media akan nilai radio termasuk konteks media baru dan nilai secara aktif mendukung radio.
2.       Mendorong para pembuat keputusan untuk mendukung, menyusun dan menyediakan akses ke radio.
3.       Menyediakan jaringan untuk para pendukung dan praktisi radio di seluruh dunia untuk bertukar pemikiran, pengalaman dan sumber daya.

Dalam pernyataannya UNESCO merekomendasikan kepada konferensi umum , meminta untuk “memproklamirkan Hari Radio sedunia dan bahwa hari tersebut dirayakan pada 13 Februari, hari dimana PBB menyusun seluruh konsep radio PBB.” Sebagai tambahan UNESCO mengajak semua negara anggota, organisasi PBB, organisasi internasional dan regional, asosiasi profesional, serikat penyiaran dan juga masyarakat sipil termasuk organisasi non-pemerintah serta individu untuk merayakan Hari Radio Sedunia.

Pernyataan tersebut meneliti peran penting yang dimainkan radio di seluruh dunia, menyebut bahwa radio merupakan “teknologi berbiaya rendah, baik untuk menyiarkannya maupun menangkapanya yang sesuai untuk menjangkau audiens lokal, nasional atau global,” dan bahwa “radio ideal untuk daerah dengan tingkat melek huruf yang rendah atau untuk melayani audiens tertentu dalam jumlah sedikit serta merupakan komponen penting dalam sistem komunikasi darurat dan ideal untuk mendukung upaya pertolongan bencana.” Pernyataan tersebut dikemukakan meskipun “manfaat radio masih jauh dari realisasi,” dengan “sampai 1 milyar orang”  belum punya akses ke radio. Sedangkan bagi milyaran lainnya radio dapat dengan mudah di akses dan merupakan media yang terjangkau, sementara dalam banyak kasus radio berada dalam bayang-bayang teknologi digital. Hari Radio Sedunia akan menyoroti pentingnya radio serta mendukung inovasi baik dalam kebijakan maupun praktek.

Tidak jelas kapan pernyataan ini akan disetujui dan disahkan oleh dewan umum, namun bagi penggemar radio di seluruh dunia ini adalah sebuah upaya keras yang akan bermanfaat.
(diterjemahkan dan dipublikasikan dengan izin dari Radio Survivor www.radiosurvivor.com)hind

Tidak ada komentar: