Sabtu, 24 September 2011

Mengkoleksi Kartu QSL dari Stasiun Radio


Aktivitas penting sejumlah pendengar radio adalah mengoleksi dokumen verifikasi yang dikeluarkan oleh stasiun-stasiun radio. Pendengar menulis laporan penerimaan siaran berdasarkan acara yang  didengar dan mengirimkan laporan ke stasiun radio. Jika laporan penerimaan siaran dibuat dengan benar, sebuah dokumen verifikasi akan dikirimkan kepada pendengar tersebut. Paling sering dokumen ini berupa kartu verifikasi. Singkatan QSL digunakan pada zaman telegraf untuk mengesahkan bahwa sebuah pesan telah diterima.
Ada beberapa jenis dokumen verifikasi yang dikirimkan stasiun radio. Yang paling dihargai pendengar adalah kartu khusus dengan huruf QSL tertulis di atasnya. Kadang stasiun radio mengirimkan verifikasi dalam bentuk surat, kartu bergambar pemandangan atau email. Di beberapa negara miskin terdapat kasus dimana pendengar mencetak sendiri kartu QSL untuk stasiun favorit mereka. Pendengar lain mengirimkan perangko, Internatoinal Reply Coupons, amplop dengan alamat sendiri atau uang dalam surat mereka kepada stasiun radio guna memastikan kartu QSL akan sampai kepada mereka dengan cepat. Ini sebenarnya bisa menimbulkan ketidaksetaraan di kalangan pendengar. Pendengar menghargai stasiun yang mengirim QSL dengan cepat dengan tanggal,jam, serta lokasi pemancar radio tertera di atasnya.
Ada stasiun yang selalu mengirimkan kartu QSL untuk laporan verifikasi yang diterima namun kartu-kartu tersebut sampai kepada pendengar dengan sangat lambat karena kurangnya tenaga. Pendengar biasanya tidak mengetahui penerbitan kartu QSL dari stasiun radio dan beberapa hanya menulis ke stasiun radio satu kali dengan tujuan semata-mata untuk memperoleh hanya satu kartu QSL. Sejumlah pendengar mencatat surat-surat yang mereka kirim serta jawaban yang mereka terima . Tipe pendengar semacam ini biasanya menyimpan peta dunia di dinding dan menandai tempat-tempat dari mana memperoleh verifikasi. Informasi tentang apakah radio melalui shortwave, medium wave, long wave atau FM sangat penting bagi pendengar serius.
Beberapa klub pendengar mempublikasikan daftar stasiun radio yang juga membantu pendengar dalam mengkoleksi kartu QSL.
(translated & posted with permission of Radio Bulgaria www.bnr.bg)hind

Tidak ada komentar: