Rabu, 14 September 2011

Kisah Radio 2



(sambungan)...Selanjutnya kemajuan teknologi radio berkembang lebih cepat, perusahan-perusahaan besar tertarik dalam bidang ini, peralatan siaran dan pesawat penerima radio bertambah baik. Empatbelas tahun setelah suara Reginald Fressenden terdengar oleh operator radio di laut, siaran radio pertama yang sesungguhnya dipancarkan dari Pittsburgh, Pennsylvania.
Program radio tersebut dipancarkan melalui stasiun KDKA pada malam 2 November 1920, menampilkan Leo Rosenberg yang mengumumkan hasil awal pemlihan presiden antara James Cox dan Warren Harding. Siaran pertama KDKA memicu keberhasilan industri radio, orang mulai membeli radio pertama mereka. Hanya empat tahun setelah siaran pertama terdapat 600 stasuin radio di Amerika Serikat ada juga stasiun radio yang mulai siaran ke negara lain.
Siaran radio mulai menjual “siaran reklame” sebagai cara untuk menggaji karyawan dan membiayai peralatan, beberapa siaran reklame dijual ke perusahaan berbeda sehingga mereka bisa mempromosikan produk-produk mereka kepada pendengar radio. Metode ini mendukung radio dan kemudian televisi yang masih digunakan sampai saat ini.
Radio mengubah cara berpikir dan kehidupan orang. Radio memungkinkan hampir setiap orang mendengarkan berita tentang peristiwa penting pada waktu yang sama, kandidat politik dapat didengar jutaan pendengar juga lagu-lagu yang sama di dengar di seluruh negeri.
Karya  ilmuwan Inggris James Maxwell dan ilmuwan Jerman Heinrich Hertz menyebabkan kemajuan teknologi komunikasi modern, termasuk siaran televisi, ponsel,mainan yang dikontrol dengan radio dan banyak lagi.
Sekarang kami akan menerangkan tentang gelombang elektromagnetik, kita akan mulai dengan percobaan Heinrich Hertz. Anda bisa juga mencoba eksperimen ini, pertama pindahkan kontrol radio anda ke area dimana tidak terdapat stasiun yang diterima. Selanjutnya anda memerlukan barerei 9 volt dan kepingan uang logam, letakkan baterei di dekat uang loogam dan benturkan bagian atas baterei dengan koin. Anda akan dapat mendengar bunyi klik di radio. Koin dan baterei adalah pemancar radio yang sangat sederhana meskipun radio ini tidak akan memancarkan dengan sangat jauh. Akan tetapi jika anda mengetahui kode Morse anda bisa berkomunikasi dengan peralatan ini.
Energi elektomagnetik berjalan hampir seperti gelombang samuderanaik turun, naik turun, gelombang tersebut juga berjalan dalam kecepatan cahaya 294.792.458 meter per detik.
Ilmuwan mempelajari bagaimana memisahkan gelombang radio ke dalam panjang berbeda yang disebut frekuensi, hal ini memungkinkan banyak stasiun radio melakukan siaran pada waktu yang sama dan tidak saling mengganggu.
Anda mungkin mendengar siaran kami melalui apa yang disebut shortwave. Frekuensi ini antara 3000 dan 30000 KHz atau sering disebut juga megahertz. Satu megahertz sama dengan 1000 KHz. Shortwave sesuai untuk siaran jarak sangat jauh, signal shortwave melambung ke ionosfir yang mengelilingi bumi, kembali ke tanah dan kemudian kembali lagi ke ionosfir.
Siaran radio pertama dibuat menggunakan AM, radio AM dipancarkan ke jarak yang lebih luas namun kualitas suaranya tidak sebagus apa yang belakangan dikenal sebagai FM. Stasiun radio FM memancarkan dalam rentang frekuensi 88 dan 108 megahertz, sementara radio AM antara 535 dan 1700 KHz.
Teknologi terus berkembang, sekarang ini VOA melakukan siaran ke satelit di angkasa yang mengirimkan signal kembali ke stasiun di darat yang memancarkan acara-acara dengan signal jelas. Di Amerika Serikat orang yang menghendaki acara radio satelit bisa membeli layanan perusahaan Sirius XM, perusahaan ini menyediakan acara musik, berita, olahraga, cuaca, dsb. Banyak dari acara tersebut tidak termasuk iklan komersial, layanan radio satelit ini bisa didengarkan di mobil, rumah maupun peralatan portable. Selain itu banyak pula stasiun radio yang menggunakan teknologi radio digital.
Internet juga memperluas penyusunan acara-acara radio, stasiun radio di seluruh dunia bisa menempatkan acara meraka di internet yang diperuntukkan bagi pendengar dimanapun berada. Website Pandora meluncurkan Music Genome Project dengan membuat database deskripsi lagu. Radio internet Pandora dapat memprediksi lagu apa yang akan disukai pendengar berdasarkan piliihan musik mereka sebelumnya.
Kita berpikir Heinrich Hertz  melihat semua kemajuan ini dengan sangat bangga akan peralatan yang dibuatnya yang dia kira tidak berguna.
Sumber: VOA Special English www.voaspecialenglish.com hynd

Tidak ada komentar: