Jumat, 03 Juni 2011

Programa Radio Jepang NHK 4 - 12 Juni 2011


4 Juni
(Sabtu)
Mari Menyanyi: "Fukuwarai" oleh Yu Takahashi

photo
Instruktur vokal Emi Ogawa(kiri) dan Jaffar Baloch

Mari Menyanyi adalah sebuah acara dimana para penyiar Radio Jepang dari berbagai negara akan mencoba menyanyikan sebuah lagu Jepang. Lagu untuk bulan Juni ini adalah "Fukuwarai" oleh Yu Takahashi. Yang mendapat giliran kali ini adalah Jaffar Baloch dari siaran bahasa Urdu yang akan dipandu oleh instruktur vokal Emi Ogawa.
5 Juni
(Sabtu)
Halo dari Tokyo

photophoto

Setiap hari Minggu, kami membacakan surat, menjawab pertanyaan, serta memutarkan lagu-lagu permintaan pendengar.
6 Juni
(Senin)
Belajar Bahasa Jepang - Pelajaran 5: Bagaimana Kalau Kita Pulang Sama-sama?

photo

Seusai rapat, Kuon bersiap pulang. Ia menawari Ibu Yamada untuk pulang bersama-sama.

Lanskap Suara: Naik Perahu di Sungai Shimanto (Provinsi Kochi)

photo

Sungai Shimanto di awal musim panas. Sebuah perahu berlayar perlahan membawa para pelancong menelusuri sungai diiringi nyanyian sang juru mudi perahu.
7 Juni
(Selasa)
Fokus Radio Jepang: Mencegah Penyakit Periodontal dengan Antibodi dari Telur

photo
Permen karet dan produk lainnya yang mengandung zat antibodi jenis baru.

80 persen warga Jepang berusia 35 tahun ke atas terkena penyakit periodontal. Baru-baru ini sebuah zat antibodi telah dikembangkan, yang jika dimasukkan ke mulut dapat langsung memerangi bakteri penyebab penyakit periodontal. Antibodi ini dibuat dari telur. Kami akan perkenalkan teknologi baru ini.

Legenda dari Jepang: Gorokichi Si Anak Petir
8 Juni
(Rabu)
Fokus Radio Jepang: Sosok Musisi Mariko Hata yang Membantu Para Korban Gempa lewat Musik

photophoto
(Kiri) Mariko Hata
(Kanan) Kelompok Paduan Suara Heroes 2011 Japan

Mariko Hata mengunjungi pusat-pusat pengungsian di kawasan Tohoku dan menyanyikan lagu untuk menghibur para korban gempa dan tsunami. Ia menggubah sebuah lagu berjudul "Heroes 2011 Japan" sebagai ucapan terimakasih kepada para warga asing yang telah memberikan pesan dukungan kepada para korban gempa di Jepang. Kami akan perkenalkan lagu ini pada anda.

Nippon Q&A: Soal PLTN Bagian 8 - Zat-zat Radioaktif

Zat radioaktif dalam jumlah besar dikabarkan telah menyebar ke lingkungan sekitar akibat kecelakaan di PLTN Fukushima. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan zat-zat radioaktif itu?
9 Juni
(Kamis)
Fokus Radio Jepang: Mendatangkan Kembali Wisatawan Asing ke Jepang

Menggalakkan pariwisata selama ini menjadi pilar ekonomi utama Jepang di bawah PM Naoto Kan. Namun akibat gempa 11 Maret serta bencana nuklir di Fukushima, jumlah warga asing yang berkunjung ke Jepang pada bulan Maret tahun ini kurang 50 persen dibandingkan bulan yang sama tahun lalu. Desas-desus yang menyebar telah menyebabkan kawasan di luar daerah bencana juga mengalami penurunan jumlah wisatawan. Kami akan laporkan upaya yang dilakukan pemerintah pusat dan pemerintah daerah serta industri pariwisata di Jepang untuk mengundang kembali para wisatawan.
10 Juni
(Jumat)
Selamat datang di Amazing Japan! ~ Misi Perjalanan: Berkunjung ke Danau Biwa

photophoto
(Kiri) Danau Biwa
(Kanan) Roberto Maxwell

Dalam Misi Perjalanan kami mengunjungi tempat tertentu atas permintaan pendengar. Kali ini atas permintaan seorang pendengar di Brazil, rekan penyiar dari siaran bahasa Portugis,  Roberto Maxwell berkunjung ke danau terbesar di Jepang, Danau Biwa.
11 Juni
(Sabtu)
Beranda Musik: Juni - Saatnya Musim Hujan

Pada bulan Juni kebanyakan kawasan di Jepang memasuki musim hujan. Pada saat itulah bunga-bunga musim hujan yang bermekaran menjadi pemandangan yang indah. Beranda Musik kali ini akan menghadirkan lagu-lagu tentang musim hujan.
12 Juni
(Minggu)
Halo dari Tokyo

photophoto

Setiap hari Minggu, kami membacakan surat, menjawab pertanyaan, serta memutarkan lagu-lagu permintaan pendengar.

Tidak ada komentar: